Advertisement

Pelaku Usaha Peternakan Babi di Bantul Diimbau Urus Izin Lingkungan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 25 Juni 2024 - 20:57 WIB
Maya Herawati
Pelaku Usaha Peternakan Babi di Bantul Diimbau Urus Izin Lingkungan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bantul mengimbau beberapa peternakan babi yang ada di Bantul mengurus izin lingkungan.

Kepala DPMPTSP Bantul, Annihayah menuturkan jawatannya masih mendapati masih ada beberapa peternakan babi yang beroperasi meski perizinannya belum lengkap.

Advertisement

“Peternakan babi izin lingkungan belum [dilengkapi]. Kalau ada izin lingkungan harus ada kaidah yang dipatuhi,” ujarnya Selasa (25/6/2024).

Menurut dia sebagian besar peternakan babi hanya memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB), namun tidak mengurus izin lingkungannya. Hal itu menurut Annihayah lantaran pengurusan NIB selama ini dapat diakses pelaku usaha secara mandiri melalui OSS (Online Single Submission).

“Banyak masyarakat salah kaprah [ketika] dapat NIB melalui OSS. Dikira sudah selesai, padahal mereka mendapatkan NIB ada poin mematuhi peraturan perundangan yang berlaku. Untuk resiko menengah rendah harus mempunyai sertifikat standar itu mulai dari perizinan dasar,” ujarnya.

Padahal menurut Annihayah, pelaku usaha peternakan babi perlu mengurus izin lingkungan, sehingga kegiatan usaha yang dilakukan dapat dipastikan tidak mencemari lingkungan. Sebelum izin lingkungan tersebut terbit, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul akan melakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap peternakan babi tersebut.

BACA JUGA: Kartu Tertelan, Pria Warga Gunungkidul Bobol Dua Mesin ATM di Jogja

Kemudahan perizinan saat ini pun dianggap kendala bagi untuk melakukan pengawasan terhadap pelaku usaha yang belum memenuhi perizinan yang dipersyaratkan maupun yang melakukan kegiatan usaha tidak sesuai perizinan.

“Itu kadang mereka [pelaku usaha] belum sampai mengurus ke izin lingkungan sudah merasa berizin. Itu [NIB] izin otomatis, sekarang izin diberi kemudahan. Seterusnya daerah disuruh pengawasan dan menerima pengaduan. Itu karena kita melaksanakan amanat UU Ciptakerja,” ujarnya.

Pemkab Bantul telah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) No.33/2018 tentang Perizinan dan Pendaftaran Usaha Peternakan dalam regulasi tersebut diatur bahwa usaha peternakan harus memperoleh Tanda Pendaftaran Peternakan Rakyat (TPPR).

Untuk memperolehnya pelaku usaha harus memiliki beberapa perizinan antara lain izin lingkungan, izin mendirikan bangunan, surat persetujuan pemilik tanah yang disekitarnya berbatasan langsung dengan lokasi usaha dalam radius paling sedikit 250 meter.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Disebut Layani Top Up Pulsa untuk Judi Online, Begini Klarifikasi Aprindo

News
| Jum'at, 28 Juni 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement