Advertisement

Pembentukan Jaga Warga di 60 Padukuhan di Bantul Dilakukan Bertahap

Jumali
Jum'at, 28 Juni 2024 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Pembentukan Jaga Warga di 60 Padukuhan di Bantul Dilakukan Bertahap Abdul Halim Muslih - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul, Jati Bayu Broto mengakui dari 933 padukuhan di Kabupaten Bantul, belum semua terfasilitasi dalam pembentukan kelompok jaga warga. Sebab, dari 933 padukuhan, masih ada 60 padukuhan yang belum terfasilitasi dalam pembentukan kelompok jaga warga.

"Untuk pembentukannya nanti akan dilakukan secara bertahap. Saat ini, kami kukuhkan sebanyak 84 kelompok jaga warga, terdiri atas 27 kelompok dari wilayah Kapanewon Banguntapan, 41 kelompok dari Kapanewon Imogiri, dan 16 kelompok dari Kapanewon Sanden," katanya, Jumat (28/6/2024).

Advertisement

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih berharap dengan pengukuhan ini, kelompok jaga warga bisa langsung melakukan kegiatan demi terwujudnya Masyarakat Bantul yang harmonis, Sejahtera, dan berkeadilan. Selain menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, kelompok ini juga bertugas untuk melestarikan dan menjaga keistimewaan DIY, seperti amanat Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, sebagai pemrakarsa jaga warga.

“Oleh karena itu, jaga warga ini bukan sekedar menjaga keamanan tetapi juga melestarikan dan mengembangkan keistimewaan DIY, serta menjaga jika ada ancaman-ancaman terhadap keistimewaan DIY,” lanjut Halim.

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, menambahkan, salah satu tujuan dibentuknya kelompok jaga warga ini adalah tumbuhnya partisipasi masyarakat di padukuhan. Jaga warga ini diharapkan dapat berkoordinasi dan berkolaborasi dengan elemen-elemen lain di padukuhan, kalurahan, kapanewon, maupun kabupaten.

“Kami berharap jaga warga ini akan mampu menjadi salah satu lembaga yang bisa berkolaborasi dengan berbagai elemen lain, sehingga mampu mewujudkan Bantul yang harmonis sejahtera dan berkeadilan,” ucap Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arab Saudi Buka Peluang Kontrak Jangka Panjang 3 Tahun untuk Layanan Haji

News
| Senin, 01 Juli 2024, 02:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement