Advertisement

Libatkan Peternak, Menteri Pertanian Amran Sulaiman Sebut Program Makan Bergizi Gratis Bakal Gerakkan Ekonomi Rakyat

Catur Dwi Janati
Sabtu, 29 Juni 2024 - 21:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Libatkan Peternak, Menteri Pertanian Amran Sulaiman Sebut Program Makan Bergizi Gratis Bakal Gerakkan Ekonomi Rakyat Menteri Pertanian, Amran Sulaiman ditemui usia kunjungannya di Turi, Sleman pada Sabtu (29/6/2024). - Harian Jogja // Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebagai kementerian yang mengurusi produksi pertanian dan peternakan, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman menegaskan akan melibatkan para peternak untuk mendukung program Makan Bergizi Gratis yang diusung presiden terpilih Prabowo Subianto. 

"Pasti, peternak, pangan semua kita libatkan," tegas Amran singkat ditemui usai kunjungannya di Turi, Sleman pada Sabtu (29/6/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Kunjungi Sleman, Mentan Dorong Pengembangan Produksi Susu Nasional

Dari pandangan Amran, program Makan Bergizi Gratis yang diusung presiden terpilih tidak berdiri secara tunggal. Dalam program tersebut terdapat beragam komponen komoditas pertanian dan peternakan yang ikut terserap. Seperti beras dan sayuran hasil produksi petani, hingga daging ayam dan telur hasil budi daya para peternak. Karenanya Amran menyanjung bila program ini sungguh luar biasa lantaran bisa menggerakkan ekonomi rakyat.

"Program makan bergizi oleh presiden terpilih itu luar biasa, itu tidak berdiri tunggal. Semua komponen makan bergizi itu ada ikan, ada beras, ada sayur, ada daging, ada ayam, ada telur, ini nanti ekonomi rakyat bergerak karena itu dihasilkan di desa itu," tegasnya. 

Amran pun lantas memberi gambaran bagaimana dampak program ini bagi ekonomi rakyat, khususnya petani dan peternak. Jika program Makan Bergizi Gratis ini diguyur anggaran triliun rupiah, maka alokasi dana tersebut diperkirakan Amran akan berputar di Indonesia.

BACA JUGA: Kementerian Pertanian Sebut Tingkat Produksi Susu Nasional Masih Jauh dari Kebutuhan

Pasalnya, produksi bahan pangan komponen Makan Bergizi Gratis ini dihasilkan dari panen-panen petani dan peternak.

"Katakanlah anggarannya sekian triliun ini bergerak di desa nantinya. Kenapa, semua ini kan produk ini kan di hilir, nah yang di hulunya diproduksi oleh petani-petani di sekitar. Sehingga dana itu bergerak di desa dan menggerakkan ekonomi rakyat," lanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemiskinan di Jateng Turun 0,30 Persen, Pj Gubernur Jateng Minta Semua Pihak Tetap Bekerja Keras

News
| Senin, 01 Juli 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement