Advertisement

PPDB SMP Negeri Gunungkidul, Kuota Jalur Prestasi Sisa 349 Kursi

Andreas Yuda Pramono
Senin, 01 Juli 2024 - 22:07 WIB
Maya Herawati
PPDB SMP Negeri Gunungkidul, Kuota Jalur Prestasi Sisa 349 Kursi Sekolah, PPDB / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kuota Penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang sekolah menengah pertama (SMP) jalur prestasi menyisakan 349 kursi.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gunungkidul menyampaikan bahwa Gunungkidul, Agus Subariyanta mengatakan jumlah kuota jalur prestasi ada sebanyak 1.767 kursi. Adapun jumlah pendaftar di jalur ini ada 1.418 kursi.

Advertisement

“Artinya kuota jalur prestasi tidak terpenuhi. Tapi tidak banyak itu dibandingkan afirmasi dan perpindahan tugas orang tua,” kata Agus dihubungi, Senin (1/7/2024).

Akibat tidak terpenuhinya kuota jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan tugas orang tua (PTO), kuota sisa dilimpahkan ke kuota jalur zonasi reguler. Kuota zonasi regular ada 3.843 kursi. Jumlah pendaftar yang diterima ada 3.933 orang.

“Kalau kendala di jalur zonasi reguler memang ada pergeseran titik, tapi sudah kami perbaiki di dinas. Dengan ini, PPDB jenjang SMP selesai dan kami masuk tahap daftar ulang siswa,” katanya.

BACA JUGA: Target Bersih-Bersih Timbunan Sampah 5.000 Ton di Kota Jogja Tak Tercapai

Pergeseran titik disebabkan oleh input data domisili untuk proses penitikan atau tagging keliru. Titik tagging sering menjadi celah untuk orang tua menyiasatinya agar masuk range zonasi.

Agus telah menyampaikan data dalam kartu keluarga (KK) puluhan calon siswa memang sempat terpental atau ditolak sistem. Hal ini akibat titik koordinat penitikan atau tagging tidak sesuai antara KK dengan data inputan.

Kekeliruan ini menurut Agus akibat kesengajaan orang tua agar dia masuk ke range zonasi. Hal ini tidak terlepas dari pola pikir orang tua yang masih terpaku pada status sekolah unggulan dalam proses PPDB 2024.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tindak Asusila, Ketua KPU Bayar Sewa Apartemen dan Janjikan Biaya Hidup Rp30 Juta per Bulan

News
| Rabu, 03 Juli 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement