Advertisement

Bisa Pangkas Ongkos Transportasi, Jalan Baru Pengganti Tanjakan Clongop Diharapkan Segera Kelar

Andreas Yuda Pramono
Senin, 01 Juli 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Bisa Pangkas Ongkos Transportasi, Jalan Baru Pengganti Tanjakan Clongop Diharapkan Segera Kelar Seorang pengendara sendang melintasi tanjakan Clongop di Kapanewon Gedangsari. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Panewu Gedangsari, Eko Krisdiyanto berharap pembangunan jalan baru pengganti ruas Hargomulyo–Watugajah di Tanjakan Clongop, Kalurahan Watugajah segera rampung. Pasalnya, jalan tersebut akan berdampak terhadap perekonomian warga baik DIY maupu Jawa Tengah.

Panewu Gedangsari, Eko Krisdiyanto mengatakan pembanguan jalan baru tersebut akan sangat bermanfaat, karena dapat memotong biaya pengeluaran perjalanan. “Kalau ada kendaraan pengangkut itu lewat Tanjakan Clongop bisa dua kali angkut lewat sana. Berbeda kalau jalan baru nanti sudah jadi, mereka bisa sekali angkut. Cost-nya jadi berkurang,” kata Eko, Senin (7/1/2024).

Advertisement

Eko menambahkan banyak warga Jawa Tengah yang masuk ke Kabupaten Gunungkidul melalui Tanjakan Clongop utamanya ketika hari raya keagamaan dan tahun baru. Ke depan, mobilitas kendaraan akan semakin ramai menyusul pembukaan Tol Jogja–Solo. “Kalau pengendara yang turun dari tol itu mereka diarahkan lewat Tanjakan Clongop di maps-nya,” katanya.

Arus kendaraan yang semakin padat itu akan meningkatkan potensi kecelakaan lalu lintas jika Tanjakan Clongop masih digunakan. Eko mengakui jalur tersebut memang sering terjadi laka lantas. “Tanjakan Clongop itu kan tidak layak untuk jalur transportasi. Makanya dari hasil analisa di DPUP-ESDM DIY, keputusannya perlu jalan baru,” ucapnya.

BACA JUGA: Pembangunan Jalan Baru Pengganti Tanjakan Clongop Dimulai, Libur Natal Diperkirakan Dibuka

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP-ESDM) DIY, Tri Murtoposidi menyampaikan bahwa jalan baru tersebut akan dilengkapi dengan 80 lampu penerangan jalan umum (LPJU).

Adapun proyek pembangunan yang akan mengganti ruas Hargomulyo–Watugajah ini diadakan untuk menghindarkan pengendara dari Tanjakan Clongop yang dikenal rawan kecelakaan lalu lintas. “Selain LPJU, ruas Hargomulyo–Watugajah juga akan dilengkapi patok pengarah, marka, dan rambu jalan,” kata Murtoposidi.

Guna membangun jalan baru, pihak penyedia jasa harus mengepras Bukit Clongop, Kalurahan Watugajah, Gedangsari, Gunungkidul.

Kontrak pembangunan senilai Rp60 miliar itu akan berakhir pada akhir 2024. Adapun jalan existing yang masih akan dipakai hanya 500 meter dan ruas jalan ini akan langsung terhubung dengan jalan baru. Ujung ruas jalan Hargomulyo–Watugajah ada di sekitar Puskesmas Gedangsari II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tindak Asusila, Ketua KPU Bayar Sewa Apartemen dan Janjikan Biaya Hidup Rp30 Juta per Bulan

News
| Rabu, 03 Juli 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement