Advertisement

TPST Modalan Hanya untuk Bantul Utara dan Timur, Diperkirakan Buka September

Jumali
Selasa, 02 Juli 2024 - 22:37 WIB
Maya Herawati
TPST Modalan Hanya untuk Bantul Utara dan Timur, Diperkirakan Buka September Foto ilustrasi pemilahan sampah botol plastik / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memperkirakan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Modalan, Banguntapan, Bantul, akan bisa beroperasi September 2024. Adapun kapasitas TPST Modalan mencapai 50 ton per hari.

"Kapasitas 50 ton ini cukup untuk mengolah sampah dari 27.000 KK. Di Kapanewon Banguntapan ini produksi sampahnya tertinggi di Kabupaten Bantul," katanya, Selasa (2/7/2024).

Advertisement

Menurut Halim, saat ini pembangunan TPST Modalan dengan anggaran Rp17,4 miliar dari APBN tersebut, pada awal Juli telah mencapai tahap 80%. Pada Agustus tinggal penyempurnaan dan September bisa dioperasionalkan.

BACA JUGA: Berikut Jadwal Event di Bantul Selama Juli 2024, dari Labuhan Hondodento Parangkusumo hingga Bantul Expo

Halim menyebut TPST Modalan cukup representatif. Sebab, TPST ini dilengkapi kantor. Terkait dengan operasional, Halim menyebut TPST ini tidak hanya mengolah sampah organik tapi juga anorganik. Akan ada pemilahan terhadap sampah yang akan diolah di TPST Modalan.

Nantinya, sampah bernilai ekonomis, kata Halim akan dijual kembali. Sedangkan residu akan dibakar dan menghasilkan abu. "Untuk sampah organik akan dibuat kompos," katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul, Bambang Purwadi Nugroho menyatakan jika TPST Modalan hanya melayani sampah  wilayah utara sampai timur Bantul. "Untuk kapasitasnya bisa 50 ton per hari," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Makan Siang Gratis Disarankan Melibatkan UMKM

News
| Kamis, 04 Juli 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement