Advertisement

Pembangunan Jalan Baru Pengganti Tanjakan Clongop Dimulai, Libur Natal Diperkirakan Dibuka

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 14 Juni 2024 - 21:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pembangunan Jalan Baru Pengganti Tanjakan Clongop Dimulai, Libur Natal Diperkirakan Dibuka Seorang pekerja konstruksi sedang menunjukkan pembangunan salah satu ruas jalan pengganti ruas Hargomulyo Watugajah, Kalurahan Watugajah, Gedangsari, Gunungkidul, Jumat (14/6/2024). Harian Jogja - Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pembangunan jalan baru dengan mengepras Bukit Clongop, Kalurahan Watugajah, Gedangsari, Gunungkidul telah dimulai sejak dua bulan lalu. Saat ini, progres pembangunan jalan baru yang memiliki nilai kontrak sekitar Rp60 miliar itu mencapai 14%.

Manajer Jalan PT Suradi Sejahtera Raya (SSR), Apri Novianto mengatakan proyek yang bernama pembangunan jalan pengganti ruas Hargomulyo – Watugajah ini diadakan untuk menghindarkan pengendara dari Tanjakan Clongop yang dikenal rawan kecelakaan lalu lintas.

Advertisement

“Kalau dikatakan jalan baru ini masuk ruas Tanjakan Clongop atau tidak, penamaan seperti itu saya kurang tahu,” kata Apri ditemui di Mess PT SSR, Kalurahan Watugajah, Jumat (14/6/2024).

Baca Juga: Tanjakan Clongop Gunungkidul Dinormalisasi Tahun Depan, Total Anggaran Rp64 Miliar

Apri menjelaskan jalan eksisting yang masih akan dipakai hanya 500 meter. Setelahnya, jalan eksisting terhubung dengan jalan baru hingga ujungnya di sekitar Puskesmas Gedangsari II.

Jalan eksisting yang telah digantikan itu nantinya, berkemungkinan ditutup, karena tidak dapat dilewat. Terdapat perbedaan ketinggian yang menyulitkan pengendara dari jalan eksisting untuk masuk ke jalan baru.

Baca Juga: Telan Danais Rp64 Miliar, Proyek Normalisasi Tanjakan Clongop Gedang Sari Gunungkidul Dilaksanakan Setelah Lebaran

Kontrak pembangunan ini dilakukan hingga akhir tahun 2024. Meski begitu, jalan baru tersebut diperkirakan dapat digunakan pengendara/wisatawan ketika libur panjang Natal dan Tahun Baru.

“Sekarang itu kami masih tahap penggalian. Pekerjaan kami kebanyakan memotong tebing. Masih proses pemotongan,” katanya.

Baca Juga: Jalan Alternatif ke Gunungkidul dari Sisi Utara Dibangun 2024, Mengepras Tanjakan Clongop Gendangsari

Jalan baru milik Provinsi DIY ini akan memiliki lebar 7,5 meter. Dua kendaraan roda empat dapat berpapasan. Pengaspalan akan dilakukan sekitar September 2024.Masuk awal tahun 2025, jalan baru itu masih berada dalam masa pemeliharaan hingga enam bulan setelahnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP-ESDM) DIY, Anna Rina Herbranti mengatakan kontrak pembangunan yang dilakukan sejak Minggu (24/3/2024) itu akan membangun jalan sepanjang 2,5 kilometer. “Persisnya nilai kontrak pembangunan jalan ini Rp60.899.956.139,” kata Anna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

IKN Rawan Banjir, BNPB: Sudah Ada Peta Risiko Bencana untuk 25 Tahun ke Depan

News
| Jum'at, 05 Juli 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement