Advertisement

60 Anak Sleman Bakal Magang Kerja Sambil Kuliah di Karawang, Ini Pesan Wabup Sleman

Abdul Hamied Razak
Minggu, 30 Juni 2024 - 14:37 WIB
Abdul Hamied Razak
60 Anak Sleman Bakal Magang Kerja Sambil Kuliah di Karawang, Ini Pesan Wabup Sleman Sebanyak60 lulusan SMA dan sederajat di Sleman bakal mendapat kesempatan kerja sambil kuliah di perusahaan manufaktur yang beroperasi di Kawarang Jawa Barat. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 60 lulusan SMA dan sederajat di Sleman bakal mendapat kesempatan kerja sambil kuliah di perusahaan manufaktur yang beroperasi di Karawang Jawa Barat.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa merasa gembira apa yang diperjuangkan segera terealisasi. Dia bercerita, impiannya membangun link and match pendidikan dan industri untuk lulusan SMA dan sederajat terbilang penuh perjuangan.

Advertisement

BACA JUGA: Danang Mendengar, Forum Anak Muda Bicara Sleman Lebih Baik

"Saya berkali-kali menjalin komunikasi dengan beberapa perusahaan. Sampai akhirnya PT Chemco Harapan Nusantara, bersedia menjalin kerja sama," ujarnya, Sabtu (29/6/2024)

Danang mengaku, upayanya itu bagian dari kerja yang dilakukan untuk menanggulangi kemiskinan. Kesempatan magang kerja dan kuliah itu diprioritaskan untuk lulusan SMA dan sederajat yang orang tuanya pemegang Kartu Program Keluarga Harapan.

Selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Sleman, ia datang langsung ke Karawang Jawa Barat bersama tim yang telah dibentuk. "Ini untuk memastikan seperti apa nantinya anak-anak itu menjalani proses magang kerja dan kuliah," ujar Danang.

Kemudian, Danang bersama timnya merumuskan program tersebut dengan nama “Kersaku Sembada”. Program tersebut terselenggara berkat kerja sama antara TKPK Kabupaten Sleman, Yayasan Bina Taruna Sembada, dan PT Chemco Harapan Nusantara.

Peserta magang, lanjut Danang, bisa memilih sendiri jurusan kuliah yang diminati. Tawaran yang diberikan antara lain, teknik metalurgi, teknik desain produk, teknik informatika, teknik mesin, akuntansi, manajemen, hukum, dan administrasi bisnis.

“Sekarang ini sarjana saja sulit memperoleh pekerjaan jika belum punya pengalaman. Nah, program ini jelas memberi pengalaman kerja, memberi uang saku yang layak, sekaligus bisa meraih gelar sarjana,” ungkap Danang.

BACA JUGA: Hadiri HUT Ke-62 Gereja St. Petrus dan Paulus Babadan, Danang Tegaskan Sleman Rumah Bersama

Rencananya 60 anak itu akan diberangkat pada 10 Juli 2024 nanti. Setelah melakukan mengikuti pemeriksaan kesehatan. Danang memastikan, setelah lulus kuliah, para peserta tidak terikat dengan PT Chemco Harapan Nusantara. Mereka bebas untuk melanjutkan kerja di tempat lain.

“Bisa tetap bekerja di PT Chemco Harapan Nusantara dan jejaringnya, bekerja di perusahaan lain, bekerja di lembaga pemerintah, atau merintis usaha sendiri,” ujar Danang.

Program Kersaku Sembada ini berbeda dengan program beasiswa kuliah yang sebelumnya telah dibentuk oleh TKPK. Kelebihan program Kersaku Sembada, selain kuliah mereka juga mendapat pengalaman kerja, dan uang saku. “Kami memberi bekal keterampilan, pengalaman kerja, dan pendidikan tinggi,” kata Danang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Server PDN Dibobol, Pemicunya Ternyata Karena Penggunaan Kata Sandi Sembarangan

News
| Selasa, 02 Juli 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement