Advertisement

30 Ribu Anak di Kota Jogja Akan Disasar Imunisasi Polio

Alfi Annisa Karin
Kamis, 04 Juli 2024 - 14:57 WIB
Sunartono
30 Ribu Anak di Kota Jogja Akan Disasar Imunisasi Polio Imunisasi anak balita. / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja akan menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio pada 23 Juli mendatang. Imunisasi ini akan menyasar pada 30 ribu anak usia 0-7 tahun.

Kasi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular dan Imunisasi Dinkes Kota Jogja Endang Sri Rahayu menjelaskan PIN Polio digelar serentak seluruh Indonesia. Ini sebagai respon atas ditemukannya kasus polio di beberapa wilayah di Indonesia dan menyebabkan kejadian luar biasa (KLB).

Advertisement

BACA JUGA : Gratis! Bantul Gelar Imunisasi Polio dan Japanese Encephalitis, Catat Tanggalnya

Endang menjelaskan PIN Polio akan digelar sebanyak dua kali. Imunisasi pertama dilaksanakan pada 23 Juli 2024 selama sepekan. Dilanjutkan dengan putaran kedua pada 6 Agustus 2024. Endang menyebut imuniasi polio pada anak 0-7 tahun penting untuk dilakukan sebagai langkah antisipasi paparan virus polio. Jika tak diantisipasi, virus polio bisa menyerang anak dan menyebabkan kelumpuhan dan radang otak hingga meninggal dunia.

“Kebanyakan kelumpuhan yang menetap, tidak bisa kembali. Sangat berbahaya, maka kami berusaha memutus adanya KLB dengan adanya PIN Polio,” jelas Endang saat dikonfirmasi, Kamis (4/7/2024).

Sampai saat ini kasus polio tak ditemui di Kota Jogja. Cakupan imunisasi polio pun terbilang sudah tinggi, yakni mencapai 95 persen. Namun, ini bukan berarti langkah antisipasi berhenti dilakukan. Sebab, Kota Jogja merupakan wilayah yang kerap didatangi wisatawan.

Tidak menutup kemungkinan wisatawan datang dari wilayah yang terpapar polio. PIN Polio menjadi upaya untuk membentengi anak-anak di Kota Jogja dari paparan virus Polio. Endang memastikan pihaknya tengah bersiap. “Beberapa lintas sektor kami ajak untuk sosialisasi awal, juga puskesmas. Lalu dengan lurah dan mantri pamong praja,” imbuhnya.

BACA JUGA : Polio Muncul di Klaten, Dinkes Gunungkidul Bersiap Gelar Vaksin Juli 2024

Dia menambahkan, imunisasi polio tergolong rendah bahkan hampir tak memiliki efek samping. Cairan imunisasi diberikan dengan cara diteteskan ke mulut anak. Endang mengajak orang tua untuk membawa anaknya ke posko PIN Polio yang rencananya akan ditempatkan di Kantor Kelurahan.

“Jangan sampai anak kita yang punya hak untuk dijaga kesehatannya sampai tidak diberi vaksin. Sekaligus kami mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga perilaku hidup bersih dan sehat,” imbaunya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UMKM Daerah Mitra Kota Nusantara Difasilitasi Pinjaman Tanpa Agunan

News
| Sabtu, 06 Juli 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement