Advertisement

Pembangunan Proyek Perpustakaan di Bantul Mencapai 36 Persen

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 08 Juli 2024 - 21:07 WIB
Maya Herawati
Pembangunan Proyek Perpustakaan di Bantul Mencapai 36 Persen Ilustrasi Perpustakaan. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pembangunan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Bantul terus dilakukan. Saat ini pembangunannya telah mencapai 36%. Meski begitu, pembangunan masih memerlukan tambahan anggaran untuk penataan halaman gedung.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Bantul, Sukrisna Dwi Susanta menyampaikan pembangunan Gedung Perpusda Bantul telah mencapai 36%, dari target 19,5%.

Advertisement

Dia menuturkan saat ini pekerjaan gedung Perpusda Bantul telah mencapai tahap pengecoran lantai tiga. Kemudian, sekat bata di lantai pertama juga telah dipasang. Pekerjaan fisik tersebut dialokasikan dari anggaran Perpustakaan Nasional (Perpusnas) sekitar Rp10 miliar.

Jangka waktu pengerjaan fisik gedung Perpusda Bantul tersebut mencapai 113 hari kerja. Pembangunan fisik gedung ditargetkan rampung pada 14 November 2024.

Sementara menurut Krisna, gedung baru tersebut ditargetkan akan mulai digunakan untuk pelayanan perpusatakaan pada awal 2025.

BACA JUGA: Pembangunan TPS Sementara Srimulyo Dimulai, Hanya Tampung Sampah sampai 31 Desember 2024

"Kalau yang ini [gedung Perpusda Bantul mulai digunakan] sebenarnya kalau sudah betul-betul representatif, di tahun 2025 kita sudah pindah,” katanya, Senin (8/7/2024).

Hal itu menurut Krisna lantaran anggaran dari Perpusnas hanya mengakomodasi pembangunan fisik gedung, namun penataan halaman seperti cor blok dan parkiran tidak dianggarkan dari Pusat.

"Karena masih ada halaman yang belum tertata [belum dianggarkan]. Anggaran dari Pusat hanya untuk gedung, yang lanskap, cor blok halaman gedung belum dianggarkan. Karena keterbatasan anggaran Pemkab. Di APBD perubahan akan kami usahakan," katanya.

Pihaknya sudah merancang kebutuhan anggaran pembangunan gedung Perpusda Bantul. Menurutnya, dibutuhkan anggaran sekitar Rp1,3 miliar untuk menata halaman gedung Perpusda Bantul. Dia berharap anggaran yang diajukan disetujui di APBD perubahan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tim SAR Evakuasi Mayat Wanita Diduga Korban Diterkam Buaya

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement