Advertisement

Dispar Bantul Larang Aktivitas dan Jip Wisata Selama Penilaian Gumuk Pasir sebagai Geopark Nasional

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 15 Juli 2024 - 12:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Dispar Bantul Larang Aktivitas dan Jip Wisata Selama Penilaian Gumuk Pasir sebagai Geopark Nasional Gumuk pasir di Pantai Parangtritis. - IST/Humas Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kawasan Gumuk Pasir Parangtritis tengah diajukan sebagai Geopark Nasional. Proses penilaian pengajuan tersebut akan dilakukan pada Senin (22/7/2024) pekan depan.

Dinas Pariwisata (Dinpar) Bantul mengimbau agar pelaku wisata tidak melakukan aktivitas di Kawasan Gumuk Pasir saat dilakukan penilaian tersebut.

Advertisement

"Pada hari itu, kami meminta pelaku wisata untuk menghentikan sementara semua aktivitas di Gumuk Pasir untuk mendukung penilaian tersebut," katanya Kepala Dinpar Bantul, Saryadi, pada Senin (15/7/2024).

BACA JUGA: Gumuk Pasir di Parangtritis Diusulkan Jadi Geopark Nasional

Dispar sebelumnya telah mengirimkan surat himbauan terkait penghentian aktivitas wisata selama penilaian tersebut kepada para pelaku wisata disana. Pihaknya pun akan mengundang pelaku wisata disana pada minggu ini untuk koordinasi lebih lanjut.

"Ya, sambil menunggu rencana lebih lanjut terkait restorasi Gumuk Pasir," katanya.

Restorasi Gumuk Pasir

Dia menuturkan selama ini Pemda DIY, Pemkab Bantul, dan beberapa stakeholder terkait lainnya telah menyusun rencana restorasi Gumuk Pasir. Rencana restorasi tersebut digagas untuk mengembalikan fungsi ekologis Gumuk Pasir. 

Dia menuturkan, rencana penataan tersebut masih terus dibahas. Dispar sementara tidak akan mengubah apapun yang ada di sana. 

"Sementara ini kami status quo dalam pengelolaan Gumuk Pasir. Kami tidak akan melakukan sentuhan, sampai menunggu keputusan [rencana restorasi Gumuk Pasir dari beberapa stakeholder terkait]," katanya. 

Diketahui penilaian Geopark akan dilakukan oleh Pakar Komite Nasional Geopark Indonesia, UNESCO Global Geopark Raja Ampat, dan Tim Teknis BP UNESCO Global Geopark Ijen.

Kawasan Gumuk Pasir diajukan sebagai Geopark bersama beberapa keanekaragaman geologi lain yang ada di DIY.

Sekretaris pelaksana BPBD Bantul, Ribut Bimo Haryo Tejo menuturkan Gumuk Pasir berperan sebagai penahan ombak dan gempuran air saat terjadi tsunami. Sementara, menurut dia, setiap tahun terjadi abrasi sekitar 2-3 meter disana. Menurutnya, abrasi tersebut dipengaruhi oleh ketinggian gelombang dan kecepatan angin. 

Bimo menyampaikan instansinya berupaya memberikan edukasi terkait tangguh bencana kepada warga sekitar Kawasan Gumuk Pasir untuk mendukung penilaian tersebut. Dia pun mendorong agar masyarakat setempat terus menjaga kelangsungan Gumuk Pasir tersebut.

Dia pun mengimbau agar tidak ada pembukaan jalur baru bagi jeep yang melintas disana. "Kami mengimbau untuk gumuk yang baru, jangan dilalui. Jadi [jeep menggunakan] track yang biasa saja, yang sudah terlanjur [track lama]," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement