Advertisement

Jaringan Kalurahan Berkarakter Pancasila di Sleman Terus Diperluas

David Kurniawan
Selasa, 16 Juli 2024 - 21:57 WIB
Arief Junianto
Jaringan Kalurahan Berkarakter Pancasila di Sleman Terus Diperluas Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menetapkan enam kalurahan sebagai Kalurahan Berkarakter Pancasila, Selasa (16/7/2024). Total hingga sekarang di Kabupaten Sleman sudah ada 29 Kalurahan Berkarakter Pancasila.

“Penetapan ini sebagai bentuk komitmen dari pemkab untuk melakukan Pendidikan karakter Masyarakat yang berdasakan pada Pancasila,” kata Kustini saat memberikan sambutan dalam proses penetapan Kalurahan Berkarakter Pancasila di Hotel Prima SR di Kalurahan Triadi, Sleman, Senin siang.

Advertisement

Enam kalurahan yang ditetapkan meliputi Wukirharjo, Kapanewon Prambanan; Kalurahan Mardikorejo, Tempel; Wukirsari, Cangkringan. Selain itu, ada Kalurahan Sukoharjo, Ngaglik; Sendangadi di Kapanewon Mlati dan Kalurahan Nogotirto, Gamping.

Kustini berpendapat dengan dibentuknya kalurahan berkarakter Pancasila memiliki manfaat besar. Salah satunya untuk membangun generasi muda yang berasaskan nilai-nilai dalam Pancasila, sekaligus bisa mengamalkannya.

Hal ini bisa terlihat dengan adanya sikap saling menghormati, menghargai adanya perbedaan, serta mampu bekerjasama untuk mencapai tujuan yang baik. Di sisi lain juga dapat memperkuat persatuan dan kesatuan dalam rangkaian Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Jumlah kalurahan berkarakter Pancasila di setiap tahunnya akan terus ditambah sehingga semua kalurahan di Sleman bisa memiliki status ini,” katanya.

Kepala kesbangpol Sleman, Indra Darmawan mengatakan, dengan tambahan enam kalurahan, maka sudah ada 29 Kalurahan Berkarakter Pancasila di Bumi Sembada. Menurut dia, penetapan ini merupakan program rutin dari kesbangpol, Dimana setiap tahunnya ada enam kalurhan yang memeroleh predikat ini. “Jadi pembentukan dilakukan secara bertahap dan setiap tahunnya ada enam kalurahan,” katanya.

Dia menambahkan, didalam pengukuhan ini, setiap kalurahan diwakili 35 orang. Jumlah tersebut terdiri dari lurah, pamong kalurahan, badan permusyawaratan kalurahan, tokoh masyarakat hingga perwakilan dari Lembaga kemasyarakatan kalurahan. “Tokoh pemuda juga hadir dalam pengukuhan ini,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement