Advertisement

Kalibrasi Ternyata Berpengaruh Terhadap Kualitas Produk UKM

Newswire
Jum'at, 19 Juli 2024 - 03:57 WIB
Sunartono
Kalibrasi Ternyata Berpengaruh Terhadap Kualitas Produk UKM Temu Sahabat Kalibrasi bertajuk Kunci Sukses Pengembangan Produk IKM yang Berkualitas dan Pengendalian Mutu Laboratorium di Ruang Auditorium Fakultas Teknik Industri UII, Kamis (18/7/2024). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sering menjadi penopang perekonomian di tengah masyarakat. Kualitas produk UKM harus terus ditingkatkan untuk meningkatkan dampak ekonominya. Salah satu upaya penting yang dilakukan yaitu memastikan berbagai peralatan yang digunakan untuk berproduksi terkalibrasi dengan baik.

Dosen Teknik Industri UII Suci Miranda mengatakan pentingnya kalibrasi dalam upaya peningkatan produk UKM. Oleh karena itu melalui kerja sama dengan Disperindag Sleman srta Komite Akreditasi Nasional kampusnya menggelar Temu Sahabat Kalibrasi bertajuk Kunci Sukses Pengembangan Produk IKM yang Berkualitas dan Pengendalian Mutu Laboratorium di Ruang Auditorium Fakultas Teknik Industri UII, Kamis (18/7/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Produk Oleh-Oleh Diuji Laboratorium untuk Jamin Pangan Pariwisata Sehat

"Kegiatan ini diikuti sekitar 50 peserta dari kalangan UKM, mereka menambah wawasan terkait pentingnya kalibrasi, bisa memahami kalibrasi untuk kepentingan produknya," ujar Suci.

Kabid Perindustrian Disperindag Sleman Dwi Wulandari mengatakan sektor UKM memiliki peran penting terhadap perekonomian lokal dan nasional. Oleh karena itu harus dikuatkan melalui peningkatan kualitas produk. Ia sepakat bahwa kalibrasi menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualitas serta efisiensi penggunaan bahan baku. Sehingga kalibrasi ini memiliki pengaruh terhadap kualitas produk UKM.

Ia mengatakan untuk menghasilkan inovasi produk tentu akan dimulai dari akurasi peralatan yang digunakan. Akurasi tersebut bisa didapatkan melalui kalibrasi. Peralatan yang telah dikalibrasi maka penggunaan bahan baku produk akan menjadi lebih efisien.

"Kalibrasi ini penting untuk alat ukuran ketepatan dalam produk UKM. Kalibrasi menjadi kunci utaa untuk memastikan hasil pengukurannya tepat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement