Advertisement

Dikunjungi Menteri Sandiaga, Dinpar Kulonprogo Minta Bedah Menoreh Dukung Desa Wisata

Triyo Handoko
Minggu, 21 Juli 2024 - 17:37 WIB
Ujang Hasanudin
Dikunjungi Menteri Sandiaga, Dinpar Kulonprogo Minta Bedah Menoreh Dukung Desa Wisata Kepala DinparKulonprogo, Joko Mursito (paling kanan) saat ditemui ketika sedang mendampingi kelompok kesenian tradisional, Bendrongan yang tampil di Waduk Sermo, Minggu (21/7 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  Sandiaga Uno ke Desa Wisata Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo menjanjikan bantuan anggaran Bedah Menoreh ditanggapi Dinas Pariwisata (Dinpar) Kulonprogo. Supaya kelanjutan Bedah Menoreh makin memprioritaskan akses dan infrastruktur desa wisata di Bumi Binangun.

Sebelumnya Menteri Sandiaga dalam kunjungannya itu mengapresiasi Pemkab Kulonprogo yang secara berturut-turut selama empat tahun terakhir masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). "Saya sangat terkesan, karena Kulonprogo ini bukan lagi hattrick tapi quattrick karena empat tahun berturut-turut berhasil masuk dalam ADWI," katanya dalam siaran pers.

Sandiaga berharap Kulonprogo terus memaksimalkan pembangunan pariwisata yang bercorak pemberdayaan masyarakat berbasis desa wisata. "Mudah-mudahan kita bisa rajut menjadi sebuah kawasan yang menjadi kawasan community base karena 10 persen dari masyarakat di sini adalah bersinggungan dengan kegiatan pariwisata," kata Sandiaga.

Guna mendukung desa wisata di Kulonprogo, Sandiaga berjanji akan mengupayakan bantuan untuk melanjutkan program Bedah Menoreh. "Mesti diupayakan ada anggaran untuk itu, agar dilanjutkan programnya," ujarnya.

Tak hanya Bedah Menoreh, menteri ini juga akan mengupayakan adanya penerbangan internasional yang langsung di Bandara YIA untuk meningkatkan akses wisatawan asing ke Kulonprogo. "Mudah-mudahan nanti akan ada penerbangan langsung, pemikiran saya ada dari Doha atau dari Dubai termasuk juga dari Tokyo untuk pasar Asia Utara. Juga India, wisatawan negara-negara Timur Tengah juga nanti," terangnya.

Sementara itu Kepala Dinpar Kulonprogo, Joko Mursito menjelaskan program Bedah Menoreh yang dijanjikan akan dilanjutkan itu dapat memprioritaskan desa wisata, khususnya untuk akses jalan. "Sementara ini kami juga berupaya, lewat beragam peluang pendanaan seperti Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Keistimewaan (Danais)," ungkapnya, Minggu (21/7/2024).

Joko menerangkan bantuan untuk meningkatkan akses jalan ke desa wisata itu sudah dilakukannya seperti yang dilakukan Desa Wisata Hargomulyo, Kokap dimana mendapat anggaran Danais. "Tak hanya sarana fisik, kami juga rutin mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas pengelola desa wisata, seperti kemarin menggunakan DAK," paparnya.

Potensi desa wisata di Kulonprogo, menurut Joko, sangat kaya dimana terdapat berbagai kombinasi keunikan. "Dari yang menawarkan keindahan alam, menampilkan kekayaan seni budaya, sampai produk-produk lokal yang menarik, ini potensi yang akan terus kami kembangkan," tandasnya

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement