Advertisement

Sejarah Terulang, Pembangunan Talud dan Pagar Makam di Kampung Mrican Menjadi Sasaran TMMD 2024

Abdul Hamied Razak
Kamis, 25 Juli 2024 - 06:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Sejarah Terulang, Pembangunan Talud dan Pagar Makam di Kampung Mrican Menjadi Sasaran TMMD 2024 Pelaksanaan TMMD Reguler Ke 121 TA. 2024 Kodim 0734/Kota Yogyakarta dimulai dari pembangunan talud yang berlokasi di Kampung Mrican, Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, Kota Jogja, Rabu (24/7 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pelaksanaan TMMD Reguler Ke 121 TA. 2024 Kodim 0734/Kota Yogyakarta dimulai dari pembangunan talud yang berlokasi di Kampung Mrican, Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, Kota Jogja, Rabu (24/7/2024).

Danrem 072 Pamungkas Brigadir Jenderal TNI Zainul Bahar beserta Forkopimda Kota Jogja secara serentak menuangkan adukan semen dengan angkong ke lubang yang disiapkan. Danrem melakukan peletakan batu pertama didampingi Asisten Sekda DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Dandim 0734/Kota Yogyakarta, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Jogja, Kajari dan Ketua PN Kota Jogja.

Advertisement

BACA JUGA: Jadi Titik Rawan Longsor, Gedangsari Jadi Pusat Lokasi TMMD Sengkuyung

Komplek Makam Kyai Wongso Sukarto ini merupakan salah satu leluhur masyarakat Kampung Mrican. Pembangunan talud di lokasi ini menjadi salah satu sasaran fisik pembangunan TMMD Reguler Ke-121 TA. 2024 Kodim 0734/Kota Yogyakara.

Talud yang dibangun ditargetkan sepanjang 15 meter, tinggi 3,6 meter, Panjang 12,5 meter, tinggi 1 meter dan Pagar bata 27 Meter. Pembangunan talud dan pagar makam yang dulunya pernah dibangun melalui program Abri Masuk Desa (AMD) Manunggal XXIII pada tahun 1984, tetapi berjalannya waktu dan sempat terdampak Gempa Bantul pada tahun 2006 sehingga kondisinya memperihatinkan.

"Melalui usulan dari masyarakat secara berjenjang sampai dengan Pemkot Jogja, pada akhirnya menjadi salah satu sasaran TMMD Reguler Kodim 0734/Kota Yogyakarta," ungkap Danrem 072 Pamungkas Brigadir Jenderal TNI Zainul Bahar.

Asisten Sekda DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan Tri Saktiyana menyampaikan, TMMD yang dilaksanakan di Kelurahan Giwangan memiliki dua sasaran. Sasaran fisik terdiri dari pembangunan Talud di Makam Kyai Wongso, pembuatan saluran air, pembangunan balai RW dan pembangunan 10 unit RTLH.

"Adapun kegiatan juga non fisik masalah wawasan kebangsaan, Kamtibmas, bela negara, bahaya narkoba, bagaimana pengolahan sampah dan biopori. Kami berkolaborasi dengan masyarakat untuk membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan di wilayah," katanya.

BACA JUGA: TMMD Sengkuyung Tahap II Selesai, 10 RTLH Tuntas Direhabilitasi

Melalui interaksi yang lebih intensif, katanya, diharapkan akan tercipta saling pengertian, kepercayaan, dan kerjasama yang harmonis. Kemitraan yang kuat dan saling mendukung antara TNI dan masyarakat ini merupakan modal penting dalam menjaga ketahanan nasional.

Dandim 0734/Kota Yka Letkol Inf Devy Kristiono menambahkan bahwa jumlah personel yang dilibatkan sekitar 250 orang, 150 orang terdiri dari TNI Polri dan warga 100 orang akan membantu secara bergantian. Targetnya, pelaksanaan TMMD tersebut selama 30 hari berlangsung hingga 22 Agustus 2024.

"Kegiatan ini tidak hanya sebagai simbolis saja akan tetapi menjadi motivasi dan penyemangat bersama dalam membangun wilayah-wilayah terpencil serta menjadi memori tersendiri bagi warga. Semoga kegiatan yang menyasar berbagai pembangunan fisik dan non fisik tersebut dapat berjalan dengan baik," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement