Advertisement

SDN Kintelan 2 Jadi Satuan Pendidikan Aman Bencana

Lugas Subarkah
Jum'at, 26 Juli 2024 - 17:17 WIB
Arief Junianto
SDN Kintelan 2 Jadi Satuan Pendidikan Aman Bencana Sejumlah siswa SDN Kintelan 2 mengikuti simulasi bencana gempa bumi, Kamis (25/7/2024). - ist BPBD Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Jogja terus menambah Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Terbaru, SDN Kintelan 2 telah melaksanakan SPAB dengan simulasi bencana gempa bumi.

Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Data Informasi Komunikasi Kebencanaan BPBD Kota Jogja, Aki Lukman, menjelaskan pelaksanaan SPAB di SDN Kintelan 2 berlangsung selama tiga hari, Selasa hingga Kamis (23-25/7/2024).

Advertisement

“Pada hari terakhir dilakukan kegiatan simulasi gempa bumi sebagai penutup acara kegiatan SPAB selama tiga hari di SDN Kintelan 2. Dengan dilaksanakannya Simulasi dan penyerahan buku SPAB kepada Ketua Tim Siaga, maka SD Negeri Kintelan 2 sudah melaksanakan SPAB sepenuhnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (26/7/2024).

BACA JUGA: Pengurus Kampung Siaga Bencana Dikukuhkan, Ini Tugasnya

SPAB ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan risiko bencana, melatih keterampilan evakuasi, dan mempersiapkan rencana tanggap darurat di setiap satuan pendidikan. “Sekolah memiliki tanggung jawab dan peran strategis untuk menjamin keselamatan warga sekolah dalam menghadapi ancaman bencana,” paparnya.

Selain mengancam komunitas, dampak lanjutan bencana pun mengancam anak-anak dengan terganggunya hak anak dalam mendapatkan pelayanan pendidikan. “Partisipasi aktif dari seluruh warga sekolah dapat didorong melalui program, kegiatan baik terintegrasi dalam pembelajaran maupun secara ekstra kurikuler,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement