Advertisement

150 KK di Gunungkidul Dapat Bantuan untuk Kelola Air Limbah

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 26 Juli 2024 - 20:27 WIB
Maya Herawati
150 KK di Gunungkidul Dapat Bantuan untuk Kelola Air Limbah Ilustrasi pengolahan limbah rumah tangga (Freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebanyak 150 kepala keluarga (KK) menjadi sasaran penerima bantuan program Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S). Program ini menjadi upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kesehatan.

Subkor Penyehatan Lingkungan dan Permukiman Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Yuliana Dwi Arsanti, mengatakan SPALD-S berupa septic tank dan resapan. Adapun, penerima bantuan tersebar di Kalurahan Bejiharjo, Jatiayu, Kepek, dan Nglipar.

Advertisement

Rincian sebaran itu, di Kalurahan Bejiharjo ada 81 KK, Jatiayu ada 26 KK, Kepek ada 25 KK, dan Nglipar ada 15 KK. Sumber anggaran program ini berasal dari APBD Kabupaten. Per KK mendapat Rp6 juta.

“Dana ditransfer lewat kelompok. Dana itu termasuk biaya operasional kelompok dan ketentuan lain yang dipersyaratkan dalam program. Misal laporan pertanggungjawaban, papan nama program, dan biaya rapat koordinasi di kelompok,” kata Yuliana dihubungi, Jumat, (26/7/2024).

Di lain pihak, Panewu Tepus, Subiyantoro mengatakan di wilayahnya ada tiga kalurahan yaitu Sidoarjo, Giripanggung, dan Tepus yang menjadi sasaran program jamban sehat dan tangki septik bagi keluarga miskin.

BACA JUGA: Ratusan Ribu Remaja Indonesia Terlibat Judi Online dengan Transaksi Rp282 Miliar

Program ini disalurkan tanpa melalui DPUPRKP. Langsung ke Pemerintah Kapanewon. Jumlah penerima bantuan sebanyak 31 KK dengan rincian 11 KK di Kalurahan Sidoarjo, 10 KK di Giripanggung, dan 10 KK di Tepus.

Sumber dana untuk program itu berasal dari APBD 2024 dengan total Rp154 juta. Rincian penggunaannya yaitu Rp4 juta per KK untuk jamban sehat dan Rp7 juta per KK untuk tangki septik. Bantuan ini diberikan dalam bentuk material seperti batako, besi 8 mm, semen, pasir, seng gelombang, pintu, kusen, dan tutup bus beton.

Adapun sasaran bantuan jamban sehat tersebut mendasarkan pada data yang diberikan oleh kalurahan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) yang kemudian dievaluasi dan disesuaikan dengan data yang ada di Daftar Penerima Tetap (DPT) Kapanewon.

Pemberian bantuan itu, tegas Subiyantoro merupakan upaya Pemkab Gunungkidul melalui Pemerintah Kapanewon untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Katanya, angka kemiskinan dapat diturunkan apabila masyarakat sejahtera yang mensyaratkan masyarakat sehat.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengaku bantuan jamban sehat dan tangki septik itu adalah bentuk nyata pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup kesehatan masyarakat. “Kami berharap bantuan dapat diterima dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin,” kata Sunaryanta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Ingatkan Pemda Beri Perhatian Kawasan Rawan Bencana

News
| Sabtu, 07 September 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement