Advertisement

Sepuluh Kalurahan di Sleman Terdampak Pembangunan Tol Jogja-YIA Seksi 3, Ini Daftarnya

Catur Dwi Janati
Jum'at, 02 Agustus 2024 - 20:17 WIB
Maya Herawati
Sepuluh Kalurahan di Sleman Terdampak Pembangunan Tol Jogja-YIA Seksi 3, Ini Daftarnya Ilustrasi jalan tol. - JIBI/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak sepuluh Kalurahan di Sleman dipastikan terdampak pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 3 Jogja-Kulonprogo. Luasan bidang tanah yang terdampak mencapai lebih dari 100 hektare. 

Kepala Seksi Pengadaan Tanah dan Pengembangan Kantor Pertanahan Kabupaten Sleman, Hary Listantyo Prabowo mengungkapkan ada 10 Kalurahan di Sleman yang terdampak proyek Tol Jogja-Solo-YIA. "Sleman itu ada 10 Kalurahan," tegas Hary pada Kamis (1/8/2024).

Advertisement

Adapun 10 Kalurahan yang terdampak Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 3 Jogja-Kulonprogo tersebut meliputi Tirtoadi, Trihanggo, Nogotirto, Banyuraden, Ambarketawang Balecatur, Sidoarum, Sidokarto, Sidomulyo dan Sumberrahayu.

Dari 10 wilayah tersebut, total ada ribuan bidang tanah yang terdampak. "Total itu semuanya termasuk fasum, fasad jalan itu 3.064 bidang," terangnya. 

Hary menjelaskan 3.064 bidang tanah terdampak tol tersebut luasannya setara 114,6 hektare. Jumlah itu sudah termasuk dengan Tanah Kas Desa (TKD) di dalamnya. 

BACA JUGA: Miras Masih Banyak Beredar di Bantul, Satpol PP Bantul: Karena Permintaannya Memang Tinggi

Di sisi lain berdasarkan wilayahnya, Kalurahan Balecatur menjadi daerah yang paling banyak terdampak dalam proyek pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 3 Jogja-Kulonprogo di Sleman. Luasan tanah yang terdampak tol di Balecatur mencapai 600-an bidang tanah yang setara 31 hektare.   "Yang paling banyak itu 31 hektare di Balecatur, 600-an bidang," lanjut Hary.

Untuk saat ini, agenda pengadaan lahan paling dekat ada di Tirtoadi. Hary berharap pencairan Uang Ganti Rugi (UGR) di daerah tersebut dapat turun di Agustus nanti. 

"Yang paling dekat kami nunggu pembayaran sebenarnya di Tirtoadi untuk yang Seksi 3 juga. Harapannya Agustus ini, harapan kita Agustus bisa kelar," katanya.

Sementara agenda musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian pengadaan tanah jalan Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 3 Yogyakarta-Kulonprogo terdekat kemungkinan akan digelar di Balecatur. 

"Musyawarah belum ada, mungkin akhir bulan di Balecatur, Nyamplung Lor dan Nyamplung kidul itu harapan kami akhir Agustus," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelar Pertemuan Tertutup, Prabowo Minta Masukan SBY Sebelum Dilantik Jadi Presiden RI

News
| Jum'at, 20 September 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement