Advertisement

Pemerintah Bagikan Ratusan Paket Alat Penangkapan Ikan, Nelayan 4 Pantai Ini Jadi Penerimanya

Andreas Yuda Pramono
Senin, 12 Agustus 2024 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Pemerintah Bagikan Ratusan Paket Alat Penangkapan Ikan, Nelayan 4 Pantai Ini Jadi Penerimanya Ilustrasi aktivitas kapal nelayan di Pantai Baron. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menyalurkan bantuan alat penangkapan ikan (API) untuk beberapa kelompok nelayan di kawasan pesisir Gunungkidul.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Gunungkidul, Wahid Supriyadi mengatakan bantuan hibah sekitar 296 paket API itu berasal dari APBN. Tercatat ada enam kelompok usaha bersama (kube) yang akan mendapat API yaitu Mina Raharja di Pantai Sadeng, Karya Samudra di Pantai Siung, Mina Manunggal di Pantai Baron, Upoyo Mino 3, 4, dan 9 di Pantai Ngrenehan. “Bantuannya berupa jaring nelayan. Tahun depan kami coba usulkan lewat skema dana alokasi khusus,” kata Wahid, Senin (12/8/2024).

Advertisement

Pemberian API ini merupakan salah satu hasil dari kunjungan Pemkab Gunungkidul ke KKP sekitar Mei 2024. Di sana, Pemkab berkomunikasi ihwal kebutuhan nelayan dan kemungkinan bantuan API.

Selanjutnya menindaklanjuti informasi alokasi Pokok pikiran (pokir) DPR Pusat banyak yang tidak terserap, maka Pemkab berkomunikasi intens dengan KKP untuk dapat dilakukan pergeseran menjadi Hibah APBN Reguler KKP.

“Karena ada sebagian tidak terserap, maka dialihkan ke APBN Regular. Dari APBN Regular, KKP menghubungi kami. Dalam waktu kurang sepekan kami beserta penyuluh dan KUB siapkan proposal dan persyaratan lain,” katanya.

Bantuan API tersebut juga belum dirakit menjadi jaring. Pasalnya, masing-masing nelayan memiliki rencana pembuatan jaring mendasarkan pada kebutuhan. Mereka dapat membuat jaring dengan tingkat kerapatan yang berbeda-beda.

BACA JUGA: Nelayan Termasuk Kelompok Rentan Terserang Leptospirosis, Ini Penjelasan Kemenkes

Ketua Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Gunungkidul, Rujimanto mengatakan pemberian bantuan jaring akan sangat membantu nelayan dalam mendongkrak produksi perikanan tangkap laut. Sebab itu, dia meminta ada penambahan bantuan jaring.  

Jaring juga mudah rusak apabila dipakai untuk menangkap lobster. Pasalnya, lobster yang tersangkut di jaring sering sulit dilepas, sehingga nelayan terpaksa memotong jaring. Selain itu, lobster juga hidup di karang. Karang dapat dengan mudah memutus tali jaring. “Kalau buat menangkap ikan bisa awet seperti ikan bawal, layur,” kata Rujimanto.

Rujimanto juga mengaku pada 2025, ada dua KUB yang mendapat bantuan rumpon. Pengajuan bantuan ini melalui DKP DIY. Dengan adanya rumpon, nelayan tidak perlu mencari ikan hingga ke tengah laut lagi. “Kalau ada rumpon, nelayan dapat menangkap ikan, bukan mencari,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement