Advertisement

Insan Industri Pariwisata di DIY Ingin Bikin Sekretariat Bersama

Yosef Leon
Rabu, 14 Agustus 2024 - 18:37 WIB
Maya Herawati
Insan Industri Pariwisata di DIY Ingin Bikin Sekretariat Bersama Foto ilustrasi. Wisatawan mengunjungi kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan di Sleman, DIY. - Antara - Hendra Nurdiyansyah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Insan industri pariwisata di DIY  terus mematangkan konsep pembentukan Sekretariat Bersama atau Sekber Pariwisata yang akan dibentuk Pemda DIY. Seber pariwisata ini  guna mengkoordinasikan program di sektor itu ke depannya.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY Bobby Ardiyanto mengatakan dalam waktu ia akan kembali berkoordinasi dengan jajaran Pemda DIY guna mendetailkan konsep dan program sekber pariwisata itu.

Advertisement

"Rencana kami konsep besarnya adalah pariwisata berkelanjutan sama seperti yang diusung pemerintah pusat," kata Bobby, Rabu (14/8/2024).

Menurutnya, tugas Sekber Pariwisata nantinya lebih kepada pengkoordinasian program lantaran diisi oleh organisasi perangkat daerah (OPD) yang tugasnya berkaitan atau beririsan dengan pariwisata. Selain itu juga dari industri maupun akademisi.

"Lebih ke menata orkestrasi program. Jadi langkahnya bisa lebih se-irama karena tantangannya kan setahun ini utara dan selatan sudah dikepung semua ada jalan tol dan JJLS," jelasnya.

BACA JUGA: Upacara Hari Pramuka, Belasan Pelajar Tertimpa Pohon Tumbang

Hanya saja Bobby memastikan bahwa peran sekber pariwisata itu nantinya tidak akan mengurusi hal teknis kebijakan wisata DIY.

Sebab ranah itu ada di OPD, sehingga akan rancu dan tidak sejalan jika ke depannya hal teknis juga dipegang oleh Sekber Pariwisata.

"Karena eksekusi teknis memang di OPD, sehingga tidak boleh sekber masuk ke sana, nanti tatanannya malah rusak semua," ujar dia.

Bobby juga menambahkan bahwa, dengan pembentukan sekber pariwisata ini diharapkan ada komunikasi yang optimal dari masing-masing pihak dalam menghadapi tantangan dan peluang pariwisata Jogja ke depannya.

"Karena kalau Dispar DIY dengan OPD lain mungkin kan stuck, juga kemudian ada beberapa permasalahan lain dari sisi teknis di masing masing OPD. Harapannya tidak menjadi tumpang tindih tapi menjadi akselerasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hasan Nasallah Tewas Dibunuh Israel, Hashem Safieddine Disebut-sebut Menggantikan Posisi Pimpinan Hizbullah

News
| Minggu, 29 September 2024, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement