Advertisement

Rehabilitasi Mental, Pasien RSJ Grhasia Belajar Kelola Tekanan

Media Digital
Senin, 19 Agustus 2024 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Rehabilitasi Mental, Pasien RSJ Grhasia Belajar Kelola Tekanan RSJ Grhasia. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Meski dalam kondisi sakit, mereka tetap berkarya. Itulah kondisi yang dijumpai di Unit Rehabilitasi Mental Rumah Sakit Jiwa Grhasia.

Beberapa pasien tampak sibuk membuat prakarya, seperti ecoprint, membatik, serta melukis. Terlihat pula etalase berisi hasil karya mereka yang dipamerkan dan dijual dalam berbagai event.

Advertisement

Pada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), gangguan jiwa disebabkan karena adanya tekanan psikologis yang disebabkan oleh adanya tekanan dari luar individu maupun tekanan dari dalam individu. 

Hal ini dapat memengaruhi fungsi kognitif, emosional, dan perilaku seseorang. Beberapa  jenis  gangguan  jiwa  tersebut meliputi skizofrenia, depresi, bipolar, gangguan kecemasan, gangguan  kepribadian,  gangguan  mental  organik, dan  lain-lain.

Rehabilitasi psikososial sangat penting untuk membantu mereka pulih dan berfungsi optimal dalam kehidupan sehari-hari. Dengan dukungan yang tepat, ODGJ dapat belajar cara mengelola tekanan tersebut dan membangun kembali kualitas hidup yang lebih baik.

Rehabilitasi psikososial adalah pendekatan multifaset untuk mendukung individu dengan kondisi kesehatan mental dalam perjalanan mereka menuju pemulihan dan integrasi masyarakat.

Tidak hanya fokus pada pengurangan gejala gangguan jiwa, pendekatan komprehensif ini bertujuan mengatasi beragam kebutuhan individu, mendorong kemandirian, partisipasi sosial, dan kesejahteraan secara keseluruhan.menempuh kehidupan sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaannya.

Pelayanan Rehabilitasi Psikososial diberikan pada pasien di Unit Rehabilitasi Mental Rumah Sakit Jiwa Grhasia sesuai bakat dan minat.

Para pasien ini sebelumnya diseleksi dengan beberapa kriteria antara lain, sudah tenang/tidak gaduh gelisah; tidak ada risiko tindakan mencederai diri sendiri dan orang lain; tidak ada kondisi retardasi mental; serta masih dalam usia produktif.

Rehabilitasi Psikososial di RSJ Grhasia sendiri memiliki berberapa bentuk kegiatan latihan kerja, antara lain tata boga, prakarya dan perbengkelan. Hasil karya pasien tidak hanya dipamerkan namun dijual dalam berbagai event Kesehatan Jiwa.  

Melalui dukungan yang holistik, rehabilitasi psikososial ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan individu dalam mengelola stres, meningkatkan kualitas hidup, dan membangun hubungan yang sehat dengan lingkungan sekitar.

Dengan pendekatan ini, diharapkan individu dapat mencapai tujuan mereka untuk hidup mandiri dan bermakna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Akses Jalan Tol Sek 6B dan 6C di IKN Ditarget Rampung Juni 2025

News
| Senin, 16 September 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement