Advertisement

BEDAH BUKU: Anak Hebat, Tak Hanya Sehat Jasmani tapi Juga Harus Sehat Rohani

Media Digital
Rabu, 28 Agustus 2024 - 21:37 WIB
Arief Junianto
BEDAH BUKU: Anak Hebat, Tak Hanya Sehat Jasmani tapi Juga Harus Sehat Rohani Pembicara membawakan materi dalam acara bedah buku yang diinisiasi DPAD DIY di Balai Nyamplung Kidul, Balecatur, Gamping Sleman pada Rabu (28/8/2024). - Catur Dwi Janati

Advertisement

SLEMAN—Program bedah buku yang diinisiasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY tak hanya merambah berbagai daerah tetapi juga terus mengusung beragam tema. Di Balai Nyamplung Kidul, Balecatur, Gamping, Sleman warga diajak membedah buku bertema Anak Sehat Anak Hebat.

Sekretaris DPAD DIY, Martono Heri Prasetyo, mengungkapkan sejauh ini program bedah buku telah terlaksana 85% dari target lebih 200 titik di seluruh DIY. Tak sebatas mengejar angka minat baca DIY, program ini berusaha memasyaratkan buku di lingkungan warga.

Advertisement

"Kita berupaya bagaimana memasyaratkan kembali masyarakat untuk gemar membaca. Tidak hanya mereka sibuk dengan media sosialnya, dengan gawainya, tetapi bagaimana menumbuhkan kembali minat dan budaya baca di kalangan masyarakat," kata Martono pada Rabu (28/8/2024).

Topik-topik yang dibawakan dalam bedah buku pun beragam dan ringan. Tema yang ringan dipilih untuk memantik minat baca masyarakat. "Kami sebenarnya mencari topik itu yang ringan-ringan agar masyarakat itu pertama lebih terpantik untuk membaca dulu," ujarnya.

Buku bertajuk Anak Sehat Anak Hebat dianggap Martono sesuai dengan para peserta yang dihadirkan yakni para ibu dan warga yang sudah berkeluarga. Harapannya, buku ini bisa menjadi semacam pedoman bagi orang tua untuk mendidik anaknya.

"Tema Anak Sehat Anak Hebat ini kan kebetulan respondennya ibu-ibu dan yang sudah berkeluarga dan kami berharap ini nanti bisa menjadi semacam pedoman. Pedoman bagi mereka untuk mengasuh, membimbing, kemudian dalam membentuk masa depan lebih baik dari orang tuanya," ungkapnya.

Bekal dari bedah buku diharapkan akan berguna bagi para orang tua khususnya keluarga muda untuk mendidik anaknya. "Kami berharap ini nanti dari kegiatan bedah buku ini, ibu terutama keluarga muda ketika nanti dalam mengasuh punya bekal," ujarnya.

Wakil Ketua DPRD DIY, Anton Prabu Semendawai, menambahkan generasi yang cerah bisa terbentuk mulai dari keluarga. Membentuk anak yang sehat menjadi hal yang penting untuk membangun masa depan bangsa. Dari buku yang dibedah Anton berharap masyarakat bisa mendidik anak yang sehat.

"Mendidik anak yang sehat melalui gizi, pendidikan dan juga tata krama yang baik. Sehingga kita membentuk generasi yang cerah itu dimulai dari keluarga juga, dari lingkungan dan dari pendidikannya," ujarnya.

Anton mengatakan mendidik anak memang tidak semudah yang dibayangkan. Tak hanya sekadar membesarkan saja, mendidik anak lanjut Anton juga mengajarkan nilai-nilai tata krama.

Di sisi lain dalam membesarkan anak yang sehat tak bisa dilepaskan dari aspek gizi. Apalagi saat ini banyak junkfood yang bisa diakses anak. "Kita juga harus memperhatihakan dari sisi gizi, apalagi makanan sekarang itu kan banyak juga junkfood," ujarnya.

Selain kesehatan anak secara fisik, Anton juga menggarisbawahi pentingnya kesehatan rohani. Karakter anak bagi Anton juga penting untuk dibangun bila ingin menciptakan anak yang hebat. "Tidak hanya sehat secara fisik tetapi sehat secara rohani juga, karakter anak juga itu yang harus kita bentuk untuk menciptakan anak-anak muda yang hebat." (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jakarta Masuk 10 Besar Dunia dengan Kualitas Udara Terburuk Hari Ini

News
| Sabtu, 14 September 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement