Advertisement

Tujuh Fraksi DPRD Kota Terbentuk, Nasdem dan PKB Jadi Satu

Alfi Annisa Karin
Rabu, 04 September 2024 - 20:37 WIB
Maya Herawati
Tujuh Fraksi DPRD Kota Terbentuk, Nasdem dan PKB Jadi Satu DPRD Kota Jogja. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJADPRD Kota Jogja resmi membentuk unsur fraksi. Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Jogja, Sinarbiyat Nujanat, menuturkan saat ini sudah terbentuk tujuh fraksi yang diputuskan dalam Rapat Paripurna pembentukan fraksi, belum lama ini. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding DPRD Kota Jogja periode 2019-2024 yang hanya berjumlah enam fraksi.

Sinarbiyat merinci ketujuh fraksi tersebut masing-masing Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Golkar, Fraksi PPP, Fraksi PKS dan Fraksi Nasdem. Sementara, dua anggota Dewan dari PKB bergabung dengan Fraksi Nasdem.

Advertisement

"Dalam pembentukan fraksi itu, PKB harus melebur dengan Partai Nasdem lantaran hanya memiliki dua anggota Dewan. Jumlah itu kurang mencukupi jumlah minimal empat anggota untuk pembentukan satu fraksi. Minimal satu fraksi empat anggota seusai dengan jumlah komisi," kata Sinarbiyat, Rabu (4/9/2024).

BACA JUGA: Meski Sudah Diresmikan, Pedagang Belum Bisa Tempati Pasar Godean

Setelah merampungkan tahapan pembentukan fraksi, selanjutnya DPRD Kota Jogja akan membentuk alat kelengkapan, di antaranya pembentukan struktural komisi dan badan. Menurutnya, pembentukan alkap akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Sinarbiyat mengatakan, gelaran rapat paripurna dalam rangka pembentukan alkap DPRD Kota Jogja sampai saat ini belum dijadwalkan karena masih ada sebagian proses administrasi dari beberapa partai politik yang belum selesai. “Alkap masih belum, masih menunggu surat keputusan pimpinan definitif," katanya.

Ketua Sementara DPRD Kota Jogja, FX Wisnu Sabdono Putro, menyebut anggota Dewan terpilih telah berkomitmen menjalankan tugas legislatif dan siap bersinergi dengan pihak eksekutif, utamanya dalam rangka membuat berbagai kebijakan. Di sisi lain, Wisnu juga memastikan anggota DPRD Kota Jogja siap menjalankan tugas dan terlepas dari Pilkada 2024. Pilkada dipastikan tak akan memengaruhi pembentukan alat kelengkapan DPRD Kota Jogja. "Kami akan menjaga muruah bersama-sama rakyat mengkritisi siapapun wali kota yang terpilih,” katanya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terpidana Ronald Tannur Ditangkap di Perumahan Elite Surabaya

News
| Minggu, 27 Oktober 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement