Advertisement

2.785 Pemilih Pemula di Kota Jogja Belum Rekam E-KTP

Lugas Subarkah
Rabu, 11 September 2024 - 15:17 WIB
Sunartono
2.785 Pemilih Pemula di Kota Jogja Belum Rekam E-KTP Pilkada 2024 - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja terus mengupayakan perekaman e-KTP bagi pemilih pemula dalam pilkada 27 November mendatang. Hingga saat ini, sebanyak 2.785 pemilih pemula belum melakukan perekaman.

Kepala Disdukcapil Kota Jogja, Septi Sri Rejeki, menjelaskan berdasarkan Pengelolaan Data Administrasi Kependudukan (PDAK), hingga Selasa (10/9/2024), sebanyak 2.785 pemilih pemula belum merekam e-KTP, dari total 321.952 pemilih pemula.

Advertisement

BACA JUGA : Pilkada 2024, KPU Jogja Intensifkan Jemput Bola untuk Perekaman e-KTP

Adapun progress perekaman e-KTP untuk pemilih pemula saat ini sudah sebanyak 319.167 pemilih pemula atau sebesar 99,13%. “Kami sudah jemput bola sampai setiap hari, setiap hari tiga tim. Saya di sekolah-sekolah se-DIY. Jadi ada yang warga Kota Jogja sekolahnya di Sleman dan sebagainya,” ujarnya, Rabu (11/9/2024).

Skeolah yang didatangi tersebut terdiri dari SMA dan SMK baik negeri maupun swasta. “Perekaman di sekolah, terus pengambilan e-KTP kita kerja sama dengan sekolah. Karena orangnya banyak, yang penting sudah terekam, masuk data dulu,” katanya.

Dalam pengambilan e-KTP, para siswa yang mengikuti perekaman bisa mengambil sendiri ke Disdukcapil Kota Jogja maupun diserahkan melalui sekolah masing-masing. “Kami punya nomor Whatsapp-nya, hubungannya dengan sekolah, yang sudah jadi siapa saja, untuk diambil,” paparnya.

Tidak hanya di hari kerja saja, pihaknya juga melakukan jemput bola di hari libur sabtu maupun minggu, termasuk besok saat hari H pemungutan suara. “Biasanya saya libur membuka layanan juga. Kalau ga nanti pas hari H pemilu juga saya buka layanan,” kata dia.

BACA JUGA : Disdukcapil Jogja Dorong Pelajar dan Warga Usia 16 Tahun Lakukan Perekaman KTP-El

Untuk pemilih pemula yang tinggal di luar DIY, DIsdukcapil Kota Jogja akan berkomunikasi dengan pemangku wilayah seperti Ketua RT setempat untuk memanggil pemilih pemula tersebut. “Alhamdulillah kemaren yang di Umbulharjo, sekali sosialisasi, warga disurati langsung datang ke Disdukcapil, itu ada yang dari Tangerang,” ujarnya.

Adapun pada pelaksanaan pemilu Februari lalu, ia mngakui tidak 100% pemilih pemula sudah merekam e-KTP, meski angkanya sudah mendekati. “Tinggal kelopok kecil saja, karena ada yang memilihnya di luar. Yang penting kita sudah komunikasi dengan pihak wilayah. Penduduk yang belum rekam diundang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kian Santer, Begini Utak Atik Nama Menteri di Kabinet Prabowo

News
| Selasa, 17 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement