Advertisement

Sampah Liar Muncul di Lokasi Renovasi Pasar Terban Jogja

Lugas Subarkah
Rabu, 11 September 2024 - 16:02 WIB
Sunartono
Sampah Liar Muncul di Lokasi Renovasi Pasar Terban Jogja Tumpukan sampah liar muncul di lokasi renovasi Pasar Terban, Gondokusuman, Rabu (11/9/2024). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah titik masih menjadi tempat pembuangan sampahl liar. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja, Satpol PP Kota Jogja maupun linmas di wilayah berupaya melakukan upaya preventif maupun represif untuk menangani hal ini.

Dari pantauan Harian Jogja pada Rabu (11/9/2024), salah satu titik yang menjadi tempat pembuangan sampah liar yakni di pinggir jalan C. Simanjuntak, Terban, Gondokusuman, tepatnya di wilayah Pasar Terban, yang saat ini sedang direnovasi.

Advertisement

BACA JUGA : Depo Sampah Kotabaru Jogja Luber Lagi, Bikin Bau Tak Sedap

Sampah menumpuk cukup banyak di bagian depan hingga mendekati sisi jalan. Bau menyengat tercium ketika melintasi lokasi ini. Tidak terlihat adanya petugas yang berjaga atau mengangkut sampah-sampah tersebut. Papan larangan buang sampah juga tidak ada. Adapun pembanguan fisik terpantau belum dimulai, baru pembongkaran bangunan lama saja yang sudah selesai.

Ketua Tim Kerja Operasional Penanganan Persampahan DLH Kota Jogja, Riyanto, menjelaskan di lokasi tersebut sebenarnya sudah dilakukan pengangkutan sampah. “Setiap hari sebetulnya sudah kita lakukan pengurangan sampah, tapi belum bisa maksimal,” ujarnya.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja untuk mengangani sampah liar tersebut. “Dalam waktu dekat ini akan kita bersihkan sampah di lokasi itu, karena sudah mau dimulai pembagunan. Kemarin kami sudah koordinasikan dengan Dinas Perdagangan untuk saling membantu pembersihan sampah liar di Pasar Terban,” ungkapnya.

Adapun upaya penanganan pada titik-titik kemunculan sampah liar, pihaknya membersihkan dengan cara setiap hari mengangkut sampah mengunakan kendaraan roda tiga dan armada. “Hasil dari eksekusi sampah liar lalu kita bawa ke Unit Pengolahan Sampah di Nitikan dan Kranon.

DLH Kota Jogja juga berkoordinasi dng Satpol PP untuk upaya antisipasi maupun penindakan bagi pembuang sampah liar di Kota Jogja. Dari data DLH Kota Jogja, lokasi pembuangan sampah liar cukup banyak yang tersebar di Kota Jogja.

Lokasi tersebut diantaranya Jalan Mas Suharto, Danurejan; Jalan KH Ahmad Dahlan, Ngampilan; Jalan Kadipaten Kidul, Kraton; Jalan Kusbini, Gondokusuman; Jalan Poncowinatan, Jetis; Jalan C. Simanjuntak, Gondokusuman; Jalan Lempuyangan Tengah, Danurejan; Jalan Batikan, Pandeyan; Jalan Balirejo, Umbulharj; Jalan KH Wahid Hasyim, Ngampilan; Jalan Tunjung Baciro, Gondokusuman.

Kabid Pedlindungan Masyarakat Satpol PP Kota Jogja, Suwarna, menuturkan dari sisi preventif, upaya yang dilakukan yakni patroli dan edukasi dengan melibatkan satgas Linmas Kota Jogja terutama pada titik-titik pembuangan sampah liar.

BACA JUGA : Pemkot Jogja Angkut 1.059,184 Ton Sampah dari Seluruh Depo Pakai 252 Armada

“Kemudian penjagaan depo satlinmas agar warga masyarakat membuang sampah sesuai jadwal pembuangan. Kami juga lakukan pendampingan pengolahan sampah organik pada 154 kampung panca tertib di Kota Jogja,” paparnya.

Menurutnya, titik pembuangan sampah liar berganti-ganti tempat, sehingga diperlukan kerja ekstra dalam penanganannya. “Edukasinya dijaga oleh satgas linmas pada titik pembuangan sampah liar denga volume tinggi dan pemasangan banner larangan membuang sampah,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kian Santer, Begini Utak Atik Nama Menteri di Kabinet Prabowo

News
| Selasa, 17 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement