Advertisement

Dispar Sleman Yakin Target Kunjungan Wisata Tahun Ini Tercapai, Titik Sebaran Masih Jadi PR

David Kurniawan
Rabu, 11 September 2024 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Dispar Sleman Yakin Target Kunjungan Wisata Tahun Ini Tercapai, Titik Sebaran Masih Jadi PR Ilustrasi Sleman Temple Run. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman optimistis target 7,5 juta wisatawan di akhir 2024 bisa terlampaui. Hal ini mengacu dari tren kunjungan yang menunjukan tren penambahan di setiap bulannya.

Kepala Dispar Sleman, Ishadi Zayid mengatakan perkembangan wisata di Bumi Sembada berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari kunjungan yang masuk sampai saat ini.

Advertisement

Hingga akhir Agustus, kata dia, pengunjung yang datang ke destinasi wisata Sleman sudah menembus 4.949.237 orang. Jumlah ini terdiri dari wisatawan dalam negeri sebanyak 4.830.530 orang dan turis asing sebanyak 118.687 jiwa.

Pencapaian ini semakin menambah keyakinan Dispar Sleman untuk mencapai target kunjungan sebanyak 7,5 juta orang di akhir 2024. Selain masih ada musim liburan sekolah dan akhir tahun, juga ada berbagai even dan kegiatan kepariwisataan yang bisa mendongkrak kunjungan sehingga target dapat terpenuhi.

BACA JUGA: Sekolah Wisata Sleman Mengajak Anak Muda Lebih Dekat dengan Potensi Wisata

Meski demikian, Ishadi mengakui masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Salah satunya terkait dengan pemerataan kunjungan wisata yang masih terkonsentrasi di sektor utara dan timur.

Adapun sektor barat, lanjut dia, masih dibutuhkan sentuhan agar bisa berkembang lebih cepat sehingga warga di kawasan ini juga dapat menikmati keberadan bidang kepariwisataan. “Tentu akan kami kembangkan sesuai dengan potensi yang dimiliki. Sebenarnya sudah ada banyak even, tapi memang butuh lebih dimasifkan lagi,” katanya.

Event Pariwisata

Kepala Bidang Pemasaran Dispar Sleman, Kus Endarto mengatakan target kunjungan wisata di 2024 sebanyak 7,5 juta orang. Untuk mencapainya, tidak hanya sebatas daya tarik dari destinasi wisata. Pasalnya, juga ada event dan kegiatan yang bisa menarik minat pengunjung untuk datang ke Sleman. “Promosi maupun event pariwisata dilakukan untuk mendongkrak kunjungan,” katanya.

Di tahun ini, kegiatan wisata yang diselenggarakan ada sekitar 120 event. Rinciannya, sembilan event skala lokal, 12 event berskala nasional dan 10 event berskala internasional. Untuk kategorinya ada MICE sebanyak 40 event, festival 34 event, event budaya dan musik sebanyak 23 event, sport event sebanyak 17 event, dan event keagamaan sebanyak 7 event. “Yang sudah terlaksana ada Sleman Temple Run, Labuhan Merapi, Tour de Merapi. Tetapi, hingga akhir tahun masih banyak even yang akan dilaksanakan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kian Santer, Begini Utak Atik Nama Menteri di Kabinet Prabowo

News
| Selasa, 17 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement