Advertisement

Perkaya Pengalaman, Mahasiswa Harus Pandai Mengatur Waktu

Newswire
Sabtu, 14 September 2024 - 23:27 WIB
Sunartono
Perkaya Pengalaman, Mahasiswa Harus Pandai Mengatur Waktu Mahasiswa baru mengikuti kegiatan pengenalan kampus. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dua anak muda berprestasi Aqila Hilmy Daffanuri dan Nurika Salsabila memberikan suntikan semangat kepada mahasiswa baru Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Rabu (11/9/2024).

Hilmy ada mahasiswa Ilmu Komunikasi yang berhasil memenangkan film berjudul The Last di Tokyo, Jepang pada tahun 2023. Hilmy juga dipercaya untuk menyuguhkan film dengan durasi 40 detik bersama team nya di Tokyo, Jepang. Sedangkan Nurika Salsabila adalah mahasiswa Psikologi memenangkan pemilihan Putri Hijabfluencer DIY 2024.

Advertisement

BACA JUGA : Biaya Hidup Mahasiswa di Jogja Melebihi UMP, Terjebak Lifestyle, Skincare dan iPhone

Nurika mengatakan mahasiswa sebaiknya memang tidak sekadar hadir di bangku kuliah, namun juga mengikuti kegiatan lain seperti seminar, organisasi bahkan aktivitas sosial lainnya di masyarakat. Pengalaman itu sangat berharga bagi mahasiswa sebelum nantinya terjun ke masyarakat.

"Kita harus bisa memanfaatkan waktu, yakinlah bahwa dosen itu pasti mendukung kegiatan kita di luar kampus. Seperti saya ketika mengikuti audisi itu sangat didukung, saya diberikan ruang untuk bertukar pikiran. Sehingga kegiatan kuliah saya bisa tetap jalan sembari menjalankan aktivitas saya ini," kata Nurika yang juga Duta Pariwisata ini.

Hal yang sama juga disampaikan Hilmy, pentingnya memanfaatkan waktu dan momentum bagi mahasiswa baru sejak dini. Karena seringkali kesempatan tidak datang dua kali. Meski terjun sebagai filmker dengan seabreg kegiatan, namun ia tetap tidak melupakan kuliah. Karena dalam perkuliahan seringkali terjadi diskusi dan menambah wawasan yang bisa menjadi bekal kegiatan di luar kampus. Tidak kalah pentingnya menjalani setiap kegiatan dengan hati.

"Keberuntungan itu menurut saya bisa dicapai ketika kita melakukan kegiatan dengan hati, ikhlas, dan pasti apa pun kegiatannya kita melakukan dengan senang. Selanjutnya harus pintar membagi waktu, antara tanggungjawab kuliah, belajar dan aktivitas di luar kampus," ucapnya.

Rektor UMBY Agus Slamet menambahkan kegiatan PKKMB selain diikuti ribuan mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia juga mahasiswa asing berasal dari Kyrgyzstan, Turkmenistan hingga Tajikistan. Pihaknya terus mengupayakan peningkatan kualitas mengarah ke tataran internasional.

BACA JUGA : Mahasiswa Magister Psikologi USD Mewakili Indonesia Beraudiensi dengan Paus Fransiskus

"Karena kami menyadari bahwa tantangan dalam dunia pendidikan semakin ketat, jadi jika tidak diimbangi peningkatan kualitas akan mengalami kesulitan dalam menghadapi persaingan," katanya.

Kepala Biro Kerja Sama, Humas dan Keprotokolan, Widarta menyatakan pengenalan kampus selain menghadirkan mahasiswa berprestasi untuk memberikan motivasi juga pihak berkompeten dibidangnya, seperti dari Akmil hingga BNN. Mahasiswa dari berbagai kampus cabang dikumpulkan menjadi satu di kampus terpadu diangkut dengan 27 bus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menag Yaqut ke Arab Saudi, Bahas Persiapan Haji 2025

News
| Kamis, 19 September 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement