Advertisement

Amankan Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Bantul, Polres Terjunkan 150 Personel Pengamanan

Jumali
Jum'at, 20 September 2024 - 10:37 WIB
Ujang Hasanudin
Amankan Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Bantul, Polres Terjunkan 150 Personel Pengamanan Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-- Sebanyak 150 personel dari Polres Bantul diterjunkan pada saat pengundian nomor urut paslon peserta Pilkada Bantul di Kantor KPU Bantul, Senin (23/9/2024).

Petugas yang diterjunkan tersebut tidak hanya mengamankan jalannya pengundian nomor urut paslon tapi juga membantu pengaturan lalu lintas untuk rombongan pendukung dari ketiga paslon pada kegiatan tersebut.

Advertisement

"Jadi untuk tanggal 23 September 2024, kami siapkan sebanyak 150 personel untuk pengamanan. Untuk pengaturan lalu lintas termasuk pengalihan arus saat rombongan pendukung yang hendak di acara tersebut, nanti akan kami sesuaikan dengan situasi yang ada," kata Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana, di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat (20/9/2024).

Sebagai langkah awal untuk penciptaan situasi aman dan kondusif pada tahapan Pilkada, Jeffry mengaku, pada Jumat (20/9/2024) pihaknya mengundang ribuan masyarakat datang ke Stadion Sultan Agung Bantul. Di sana, masyarakat tidak hanya bisa melihat pementasan musik, tapi juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian sembako.

"Dalam acara ini kami juga sosialisasikan ke masyarakat dan menggelar deklarasi Pilkada Damai," ucap Jeffry.

Kepala Divisi Teknis KPU Bantul Mestri Widodo mengatakan pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan tiga paslon yang bertarung di Pilkada Bantul 2024, di Kantor KPU Bantul, Selasa (10/9/2024). Dari hasil koordinasi disepakati jika setiap paslon boleh membawa sebanyak 100 orang pendukung saat pengundian nomor urut paslon, dengan catatan harus ada surat pemberitahuan kepada kepolisian. Selain itu, paslon juga diperbolehkan menampilkan gelar budaya.

BACA JUGA: Kabar Baik, Cek Kesehatan Calon Petugas KPPS di Bantul Gratis

"Untuk parkir bus rombongan 500 meter dari kantor KPU, kemudian untuk Jalan Wahid Hasyim akan ditutup sebagian, meskipun nanti Trans Jogja tetap bisa lewat pada pukul 09.00 WIB sampai 11.30 WIB," kata Mestri.

Selain itu, Mestri menyatakan jika KPU telah mendapatkan kejelasan terkait dengan titik kumpul dari rombongan pendukung dari ketiga paslon. Rombongan dari paslon Abdul Halim Muslih-Aris Suharyanta akan berkumpul di kawasan Manding, sedangkan rombongan dari paslon Untoro Hariadi-Wahyudi Anggoro Hadi titik kumpul ada di Kampung Mataraman. Untuk titik kumpul dari rombongan pendukung paslon Joko Budi Purnomo-Rony Wijaya Indra Gunawan ada di Trirenggo, Bantul.

"Ketiga paslon juga sepakat agar rute yang dilalui tidak bersinggungan. Nanti, tidak ada arak-arakan sepeda motor, ada kordinator lapangan, dan semua rombongan juga akan berseragam," terang Mestri.

Mestri juga menyebut jika pihaknya memperbolehkan masing-masing paslon menampilkan gelar budaya secara bergantian di depan Kantor KPU Bantul. Sedangkan untuk menjaga ketertiban dan keamanan saat pelaksanaan pengundian nomor urut, Mestri mengungkapkan jika tidak ada sesi konferensi pers di Kantor KPU usai pengundian nomor urut.

"Konferensi pers akan digelar oleh masing-masing paslon di masing-masing rumah kemenangan masing-masing," ucap Mestri.

Terkait dengan jumlah massa yang boleh masuk ke dalam kantor KPU, Ketua KPU Bantul, Joko Santosa mengatakan, nantinya setiap rombongan paslon maksimal sekitar 20 orang. "Itu terdiri dari paslon dan pendamping serta pimpinan partai dan tim kampanye yang boleh masuk. Selain itu kan juga ada tamu undangan yang kami undang juga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dua Anggota DPR Terpilih Gugat Cak Imin ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

News
| Jum'at, 20 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement