Advertisement

Dinyatakan Tak Lolos Administrasi, Ratusan Pendaftar CPNS Sleman Ajukan Keberatan

David Kurniawan
Senin, 23 September 2024 - 14:37 WIB
Ujang Hasanudin
Dinyatakan Tak Lolos Administrasi, Ratusan Pendaftar CPNS Sleman Ajukan Keberatan Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pasca-diumumkannya hasil seleksi administrasi pendaftaran CPNS, ada ratusan pelamar yang mengajukan keberatan terhadap keputusan yang menyatakan tak lolos seleksi. Hingga saat ini, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman masih memberian jawaban atas sanggahan yang diajukan para pelamar ini.

Kepala BKPP Sleman, Budi Pramono mengatakan, hasil seleksi administrasi berkas pendaftaran CPNS 2024 telah diumumkan. Adapun hasilnya, dari sebanyak 6.328 pendaftar, yang dinyatakan lolos seleksi ini sebanyak 5.433 orang.

Advertisement

“Sudah kami umumkan di 19 September lalu. Yang tidak lolos seleksi administrasi ada 895 orang,” katanya, Senin (23/9/2024).

Dia menjelaskan, ratusan orang ini tidak dinyatakan lolos seleksi administrasi karena beberapa sebab seperti kualifikasi Pendidikan tidak sesuai formasi; nilai IPK tidak sesuai persyaratan. Selain itu, juga ada yang disebabkan karena kekurang telitian pada saat membuat dokume berkas lamaran.

Meski sudah dinyatakan tidak lolos, namun ada kesempatan untuk menyanggah atas hasil keputusan tersebut. hingga batas waktu yang ditentukan ada 470 pelamar yang mengajukan keberatan atas keputusan tidak meloloskan di seleksi administrasi.

“Masa sanggah sudah lewat. Sekarang, masih dalam proses menjawab sanggahan terhadap peserta yang tidak lolos seleksi administrasi,” katanya.

BACA JUGA: Siap-siap, Lowongan PPPK 2024 Segera Dibuka, Ada 589 Formasi di Sleman

Setelah masa sanggah selesai, maka akan ada lagi pengumuman tehadap hasil seleksi pasca-jawaban masa sanggah. Rencananya hasil itu diumumkan rentang waktu 23-29 September 2024.

“Pasti akan diumumkan secara terbuka seperti saat pengumuman hasil seleksi administrasi yang lalu,” katanya.

Sekretaris Daerah Sleman, Susmiarto mengatakan, tahun ini ada rekrutmen CPNS sebanyak 147 formasi. Jumlah itu terdiri dari kuota lulusan terbaik sebanyak lima formasi, kuota disabilitas tiga formasi dan sisanya formasi umum sebanyak 139 formasi.

Untuk rekrutmen CPNS tahun ini sudah ada tahapannya mulai dari pengumuman, pendaftaran, pelaksanaan tes hingga penerimaan hingga pengangkatan. Bagi yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi berhak mengikuti seleksi komptensi dasar di rentang waktu 16 Oktober-14 November 2024.

Selain itu, peserta rekrutmen juga wajib mengikuti seleksi kompetensi bidang yang akan diselenggarakan pada 9-20 Desember 2024. “Rencananya pengumuman hasil CPNS diumumkan antara rentang waktu 5-12 Januari 2025,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pansus Haji DPR RI Sebut Menag Yaqut Mangkir 3 Kali Pemanggilan

News
| Senin, 23 September 2024, 17:02 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement