Advertisement

Ganti Rugi Lahan Tol Jogja-YIA Dimulai, 115 Warga Kulonprogo Terima Uang Sesuai Penilaian Apraisal

Triyo Handoko
Senin, 23 September 2024 - 16:07 WIB
Ujang Hasanudin
Ganti Rugi Lahan Tol Jogja-YIA Dimulai, 115 Warga Kulonprogo Terima Uang Sesuai Penilaian Apraisal Suasana musyawarah ganti rugi lahan Tol Jogja-YIA ruas Kulonprogo di Kalurahan Banguncipto, Kapanewon Sentolo saat warga terdampak mengantri konsultasi hasil penilaianTim Apresial, Senin (23/9 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Musyawarah ganti rugi lahan terdampak proyek Tol Jogja-YIA di Kulonprogo mulai dilakukan pada Senin (23/9/2024) di Kalurahan Banguncipto, Kapanewon Sentolo. Sebanyak 115 warga Padukuhan Banaran Lor di Banguncipto sudah mendapat besaran nilai penggantian atas tanah dan asetnya yang terkena pembangunan tersebut.

Proses musyawarah ganti rugi lahan Tol Jogja-YIA berlangsung lancar dan kondusif, hanya sedikit warga yang belum berkenan dengan besaran nilai dari ganti rugi tersebut. Lurah Banguncipto, Boiran menjelaskan tak berkenannya segelitir warga dengan besaran tersebut karena kesalahpahaman saja. "Setelah dijelaskan oleh Tim Apresial yang menentukan harga nilai tersebut langsung diterima, hal yang wajar," tuturnya.

Advertisement

Boiran menyebut besaran nilai ganti rugi variatif dan hanya diketahui oleh warga yang terdampak Tol Jogja-YIA. Setiap warga yang lahannya terdampak mendapat amplop berisi surat penjelasan nilai ganti rugi lengkap dengan rinciannya. "Misalnya lahan yang terdampak berapa meter dihargai berapa, lalu di atas lahan itu ada aset apa juga dihitung dan dicantumkan nilainya, termasuk pohon-pohon juga diberi harga penggantian," paparnya.

Setelah musyawarah ganti rugi Tol Jogja-YIA itu rampung, jelas Boiran, warga yang terdampak diminta bikin rekening bank sebagai medium pengiriman uang tersebut. "Tadi dari pihak bank juga turut memberikan sosialisasi, jika rekening sudah dibikin maka pencairan uang ganti rugi segera dilakukan," jelasnya.

BACA JUGA: Ganti Rugi Tol Jogja-Solo Seksi 3 Dibayar, Ada Warga Terima Rp12,5 Miliar

Sementara Kepala Seksi Pengadaan Tanah BPN Kulonprogo, Ade Setiya Budi yang turut hadir dalam musyawarah itu menyebut besaran ganti rugi sesuai dengan hasil penilaian Tim Apresial. "Proses ini musyawarah di Banguncipto ini jadi yang pertama di Kulonprogo untuk Tol Jogja-YIA, selanjutnya akan dilakukan pada tiga titik lagi," ungkapnya.

Tiga kalurahan yang menyusul Banguncipto dalam musyawarah ganti rugi Tol Jogja-YIA ini adalah Kalurahan Pengasih, Karangsari, dan Kaliagung. "Sedangkan untuk titik lain akan segera dijadwalkan setelah hasil penilaian harga dari Tim Apresial sudah diputuskan," jelas Ade.

Ade menyebut tahapan proses pembebasan lahan Tol Jogja-YIA beragam karena tantangan saat pengukuran juga berbeda-beda. Ia mencontohkan di terdapat padukuhan lain di Kalurahan Banguncipto yang masih dalam tahap lelang proses pelaksana appraisal. "Padahal masih satu kalurahan tapi tahapannya berbeda, artinya kami minta agar warga terdmpak bersamab karena proses yang ada berbeda-beda," katanya.

BPN Kulonprogo, jelas Ade, juga mengimbau agar warga terdampak bijak dalam membelanjakan uang ganti rugi. "Harapan kami aset yang terdampak dapat ditukar di lokasi lain dengan uang ganti rugi ini, mesti bijak dalam menggunakannya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Siapkan Aplikasi Layanan Terpadu untuk 40 Ribu Pengguna

News
| Senin, 23 September 2024, 18:02 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement