Advertisement

Kepala DLH Ditunjuk Jadi Penjabat Sementara Bupati Sleman

David Kurniawan
Selasa, 24 September 2024 - 14:57 WIB
Ujang Hasanudin
Kepala DLH Ditunjuk Jadi Penjabat Sementara Bupati Sleman Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sleman, Kusno Wibowo saat dikukuhkan Gubernur DIY sebagai PJs Bupati Sleman di Bangsal Kepatihan DIY. Selasa (24/9/2024). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kepala Dinas Lingkungan Hidup DIY, Kusno Wibowo ditunjuk menjadi Pejabat Sementara (PJs) Bupati Sleman selama Bupati Kustini Sri Purnomo cuti untuk berkampanye. Pengukuhan dilaksanakan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X di Bangsal Kepatihan DIY, Selasa (24/9/2024).

Sekretaris Daerah Sleman, Susmiarto mengatakan, Bupati Kustini dan Wakil Bupati Danang Maharsa sudah mengajukan cuti untuk melaksanakan kampanye di Pilkada 2024. Selama cuti, maka jabatan bupati menjadi kosong sehingga Gubernur DIY menunjuk Pejabat Sementara Bupati.

Advertisement

“Benar. Kepala Dinas Lingkungan Hidup DIY, Kusno Wibowo ditunjuk sebagai PJs Bupati Sleman yang pengukuhannya dilaksankaan di Bangsal Kepatihan DIY,” kata Susmiarto saat dikonfirmasi, Selasa siang.

Dia menjelaskan, tugas PJs akan berlangsung hingga bupati definitif selesai melaksanakan cuti sehingga tata Kelola pemerintahan tetap berjalan seperti biasa. Adapun selama cuti, bupati dan wakil bupati definitif dilarang menggunakan fasilitas negara yang selama ini melekat pada dirinya masing-masing.

“Semua harus ditinggal dan termasuk tidak menggunakan fasilitas rumah maupun mobil dinas,” katanya.

BACA JUGA: Lurah dan Pamong di Sleman Kembali Diingatkan untuk Menjaga Netralitas di Pilkada 2024

Sesuai dengan cuti yang diajukan, rencananya Bupati Kustini maupun Wakil Bupati Danang Maharsa akan mulai cuti 25 September hingga 23 November 2024. Keduanya cuti untuk melaksanakan masa kampanye di tahapan Pilkada Sleman.

PJs Bupati Sleman, Kusno Wibowo menyatakan komitmennya untuk menjalankan posisi sebagai pejabat sementara bupati di Sleman. Guna menyukseskan tugas ini siap berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Sleman, mitra kerja dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) terkait dengan kegiatan maupun program di Kabupaten Sleman.

Kusno juga menyatakan komitmennnya untuk mengawal pilkada bisa berjalan dengan aman, damai serta lancar. Di sisi lain, ia mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Sleman agar menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis.

“Netralitas dalam pilkada bagi ASN harus dijaga. Yang jelas, saya juga berkomitmen untuk mendukung kesuksesan peyelenggaraan pilkada,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2 Investor Lokal Siap Grounbreaking di IKN Besok, Ini Nama Perusahaannya

News
| Selasa, 24 September 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Penasaran Naik Lamborghini di Sirkuit Balap, Ini Simulatornya Pertama di Asia

Wisata
| Senin, 23 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement