Advertisement

Tahun Ini, Pemkab Sleman Perbaiki 7 Jembatan yang Rusak

David Kurniawan
Senin, 07 Oktober 2024 - 12:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Tahun Ini, Pemkab Sleman Perbaiki 7 Jembatan yang Rusak Ilustrasi jembatan rusak - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman bakal menggandeng akademisi kampus untuk pengecekan terhadap kondisi jembatan di Bumi Sembada. Total hingga saat ini tercatat ada 356 jembatan yang tersebar di 17 kapanewon di Kabupaten Sleman.

Ide menggandeng pihak kampus ini dilontarkan oleh Pejabat Sementara Bupati Sleman, Kusno Wibowo. Ia mengakui sudah melakukan pengecekan ke sejumlah jembatan di Sleman dan hingga sekarang ada 13 jembatan yang dinyatakan rusak.

Advertisement

BACA JUGA: Dukung Ketahanan Pangan, Harda Kiswaya Kunjungi Lahan Pertanian di Dero Wetan Pakem

“Saya belum lama ini melakukan pengecekan terhadap kondisi jembatan yang rusak, yang salah satunya Jembatan Padasan. Saat itu, kami ajak akademisi dari UGM untuk mengecek dari sisi teknis kekuatan maupun keamanan dari jembatan,” kata Kusno, Senin (7/10/2024).

Meski demikian, ia mengakui pengecekan tidak bisa dilakukan ke seluruh jembatan yang jumlahnya mencapai ratusan unit. Oleh karena itu, sambung dia, munculah ide menggandeng akademisi untuk pengecekan secara berkala.

“Pengecekan ini sangat penting untuk memastikan kondisi di jembatan masih bagus sehingga bisa menekan kejadian yang tak diinginkan,” katanya.

Kerja sama ini juga tidak lepas dari personel yang dimiliki oleh DPUPKP Sleman yang terbatas. Rencananya, pelibatan kademisi tidak hanya dari UGM, tapi juga menggandeng kampus-kampus lain yang ada di Kabupaten Sleman.

“Untuk realisasinya akan dituangkan dalam perjanjian kerja sama dengan pihak terkait. Harapannya ini bisa mengoptimalkan dalam program infrastruktur di Sleman, salah satunya menyangkut pengecekan kondisi jembatan di Sleman,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DIY ini.

Kepala DPUPKP Sleman, Mirza Anfansury menyambut baik adanya kerja sama dengan kampus berkaitan dengan pengecekan kondisi jembatan di Bumi Sembada. Ia mencatat hingga sekarang ada 356 jembatan yang tersebar di seluruh wilayah di Kabupaten Sleman.

“Untuk keamanan, jembatan-jembatan ini butuh perawatan dan pengecekan rutin. Diharapkan dengan partisipasi dari kampus, maka upaya pengecekan bisa lebih dioptimalkan,” katanya.

Menurut dia, tahun ini ada tujuh jembatan yang diperbaiki seperti Jembatan Tulung, Blendung 1, Gajahkuning, Gesikan, Tapan hingga Sanggrahan. Jumlah tersebut akan bertambah karena ada tiga perbaikan jembatan bailey yang dibiayai melalui APBD Perubahan 2024.

“Pagunya sekitar Rp1 miliar untuk perbaikan tiga jembatan bailey ini,” kata Mirza. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Dinas Anggota DPR RI Dinilai Tak Layak Huni, Sekjen Cek Langsung ke Lokasi

News
| Senin, 07 Oktober 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement