Advertisement

Inspiratif! Berawal dari Jual Pulsa Keliling, Pria Ini Punya 2 Showroom Mobil

Sunartono
Rabu, 16 Oktober 2024 - 14:37 WIB
Sunartono
Inspiratif! Berawal dari Jual Pulsa Keliling, Pria Ini Punya 2 Showroom Mobil Kisah sukses seorang warga Karangwuni, Wates, Kulonprogo bernama Dedi Sujatmoko dalam berbisnis ini bisa menjadi inspirasi banyak orang khususnya kaum muda. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kisah sukses seorang warga Karangwuni, Wates, Kulonprogo bernama Dedi Sujatmoko dalam berbisnis ini bisa menjadi inspirasi banyak orang khususnya kaum muda. Berawal dari ketekunannya berjualan pulsa telepon seluler dengan berkeliling, kemudian memberanikan diri berjualan mobil, terkini ia mampu membangun dua showroom bernama Dedi Mobilindo.

Ia merasakan sendiri naik turun usaha yang dijalaninya dengan pertama kali berjualan pulsa ponsel sebelum akhirnya merambah ke jual beli mobil. "Jadi dulu saya pernah menjual pulsa keliling, untuk jual beli mobil saya memulai saat masih mahasiswa dari awalnya satu unit mobil," kata Dedi.

Advertisement

BACA JUGA : Waspada Transaksi Jual Beli Tanah Lewat Platform Lokapasar! Pengusaha Tertipu Ratusan Juta

Saat itu, medio 14 tahun silam ia masih menempuh pendidikan sarjana di IKIP PGRI Wates. Sembari kuliah ia sambil menjajakan mobil. Ia berusaha menggunakan cara-cara modern dalam melakukan pemasaran termasuk memanfaatkan medsos, meski kala itu medsos belum semaksimal saat ini.

Ternyata usahanya dalam berjualan mobil terus berkembang. Awalnya satu unit, menjadi dua, tiga dan seterusnya perlahan berkembang. Ia pun sempat memanfaatkan garasi rumahnya sebagai tempat stok mobil dan setiap pembeli datang ke rumahnya. Hingga saat ini di 2024 memiliki dua showroom, yang salah satunya dibuka pada Minggu (12/0/2024) lalu tepatnya di Jalan Wates-Purworejo tepatnya di ruko Perdagangan Gawok, Wates.

"Saya lebih membidik segmen harga Rp150 juta ke bawah karena ini paling banyak dicari konsumen. Kalau yang di atas Rp300 juta juga ada stoknya, namun lebih ramai yang Rp150 juta ke bawah. Kami melayani penjualan ke seluruh nusantara dari sabang sampai Merauke, via towing," katanya.

Dedi mengungkap membangun bisnis memang bukan hal yang mudah. Butuh perjuangan, menjaga kepercayaan kepada konsumen dan harus siap merasakan jatuh dan bangun. Teras terhadap konsumen harus dijaga, oleh karena itu jika produk yang dijual adalah mobil maka harus menyediakannya dengan kualitas terbaik.

BACA JUGA : Pengamat Politik Sebut Jual Beli Suara Masih Marak di Pileg DIY

Selain itu ia rela tidak banyak mengambil untung dari setiap unit mobil yang laku kepada konsumen. Bagi Dedi, faktor utama dalam berbisnis adalah proses perputaran uang bisa berjalan dengan stabil. "Mengambil untungnya saya tidak terlalu banyak, yang penting uang modalnya itu bisa berputar. Maka konsumen banyak yang datang. Untuk saat ini saya bisa menjual 40 unit per bulan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Tunjuk Teguh Setyabudi Jadi Pj Gubernur Jakarta, Ini Profilnya

News
| Kamis, 17 Oktober 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement