Advertisement

Cegah Pencemaran Lingkungan, Bantuan Sanitasi 161 Rumah Kulonprogo Rampung Dibangun

Triyo Handoko
Rabu, 16 Oktober 2024 - 17:47 WIB
Ujang Hasanudin
Cegah Pencemaran Lingkungan, Bantuan Sanitasi 161 Rumah Kulonprogo Rampung Dibangun Ilustrasi sanitasi masyarakat - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Bantuan sanitasi dan instalasi limbah dari Kementerian PUPR di Kulonprogo yang menyasar 161 rumah telah rampung dibangun. Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulonprogo telah melakukan pengecekan dengan hasil seluruhnya sudah dapat digunakan oleh penerimanya.

Data DPUPKP Kulonprogo menyebut ratusan sanitasi dan instalasi limbah ini dibangun di lima kalurahan, yaitu Demen, Kapaneon Temon sebanyak 33 unit, lalu Gerbosari, Kapanewon Samigaluh ada 31 unit, dan Tuksono, Kapanewon Sentolo 33 unit. Sedangkan lainnya berada di Kalurahan NGargosari, Kapanewon Samigaluh dengan menyasar 31 rumah dan Temon Kulon, Kapanewon Temon dibangun untuk 33 keluarga.

Advertisement

Kepala Bidang Cipta Karya DPUPKP Kulonprogo Yuniar Wibowo menjelaskan pada Rabu (16/10/2024) bahwa perlu ada perawatan berkala terhadap sanitasi dan instalasi limbah yang sudah dibangun tersebut. Perawatan ini wajib agar bantuan ini awet dan tahan lama.

BACA JUGA: Hibah Pembangunan Limbah Domestik, 156 Rumah Tangga Kulonprogo Terima Rp1,56 Miliar

Yuniar menerangkan perawatan dapat dilakukan secara berkelompok meskipun bantuannya dilakukan secara individu per keluarga. "Bisa menggunakan dana desa atau berkelompok lainnya, karena memang wajib tiap tiga bulan sanitasi itu dikuras agar terjamin kebersihannya dan tak mencemari lingkungan," ungkapnya.

Sasaran utama program ini agar kesehatan lingkungan di Kulonprogo terjamin. Pasalnya pencemaran bakteri E. Coli perlu dikendalikan agar sumber air warga bersih dan terjamin kesehatannya. "Sehingga kami juga berharap partisipasi masyarakat juga dapat ditingkatkan untuk hal ini," tutur Yuniar.

Ahli Muda Teknik Penyehatan Lingkungan DPUPKP Kulonprogo, Silvi Irvi Yanti menjelaskan pihaknya juga sudah menyiapkan perawatan sanitasi dan instalasi limbah pada 161 rumah penerima bantuan tersebut. "Kami sudah siapkan program layanan lumpur tinja terjadwal yang akan melakukan penyedotan," jelasnya.

Silvi menyebut penjadwalan itu dilakukan tiap tiga tahun sekali. Nantinya limbah tersebut juga akan diolah secara terpadu  Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Banyuroto. "Semuanya sudah disusun manajemennya, tujuannya agar tahan lama dan tidak mencemari lingkungan agar kesehatan masyarakat terjamin," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Putusan MK Perintahkan Guru Honorer Harus Diprioritaskan Jadi PPPK

News
| Rabu, 16 Oktober 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement