Advertisement

Pimpinan DPRD Gunungkidul Menerima Toyota Innova Zenix Rp1,29 Miliar untuk Kendaraan Dinas

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 25 Oktober 2024 - 17:37 WIB
Maya Herawati
Pimpinan DPRD Gunungkidul Menerima Toyota Innova Zenix Rp1,29 Miliar untuk Kendaraan Dinas Kantor DPRD Kabupaten Gunungkidul di Bangsal Sewokoprojo / gunungkidulkab.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Gunungkidul telah menyerahkan Mobil Toyota Innova Zenix baru ke Sekretaris Dewan (Setwan) Perwakilan Rakyat Daerah Gunungkidul, Jumat, (25/10/2024) pagi. Mobil ini kemudian akan diberikan langsung ke masing-masing Wakil Ketua Dewan.

Kepala BKAD Gunungkidul, Putro Sapto Wahyono mengatakan penyerahan mobil tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara.

Advertisement

Mobil senilai Rp430 juta per unit tersebut akan dipakai oleh Wulan Tustiana, Suwignyo, dan Heri Nugroho guna mendukung ketugasan mereka sebagai Wakil Ketua Dewan.

Putro menjelaskan pemeliharaan ringan dan pengalokasian anggaran perbaikan dan servis mobil per tahunnya dibuat oleh Setwan sebagai pemangku kepentingan teknis. Adapun fasilitas kendaraan tersebut tidak boleh dimodifikasi.

Plat mobil juga tidak boleh diberi pelindung berwarna gelap, sehingga menghalangi pandangan mata. Mobil tersebut juga hanya digunakan untuk keperluan dinas, bukan pribadi. Pelaksanaan pengawasan penggunaan kendaraan dinas dilakukan oleh pemangku kepentingan teknis, bukan BKAD.

Selain penyerahan mobil ke Setwan, mobil lama milik Wakil Ketua Dewan juga diserahkan ke BKAD. Mobil lama tersebut akan dijual secara langsung sesuai ketentuan bahwa pimpinan Dewan sebelumnya yang menggunakan berhak membeli tanpa proses lelang.

BACA JUGA: IPhone 16 Dipastikan Dilarang Dijual di Indonesia, Ini Kata Kementerian Perindustrian

“Sekarang masih proses Wakil Ketua Dewan sebelumnya untuk membeli mobil lama itu,” kata Putro dihubungi, Jumat, (25/10).

Putro menambahkan mobil tersebut tidak dijual dengan sistem lelang lantaran kondisinya yang masih bagus. Pemkab akan melelang apabila nilai kebermanfaatan aset sudah berkurang jauh.

Dia belum dapat menyampaikan harga mobil lama tersebut, karena tahapannya masih proses penilaian aset.

“Pejabat yang sebelumnya menggunakan diberi kesempatan untuk membeli. Tapi kalau tidak berkenan membeli tidak apa-apa, mobil akan dipakai Pemkab,” katanya.

Sekretaris DPRD Gunungkidul, Purwono Sulistyohadi mengatakan pimpinan DPRD tidak mendapat tunjangan transportasi sebab telah mendapat fasilitas kendaraan dinas. Sedangkan, anggota DPRD mendapat tunjangan transportasi sebab tidak mendapat fasilitas tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Prabowo Dijadwalkan Hadir di KTT G20 Brasil

News
| Jum'at, 25 Oktober 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement