Advertisement

Tingkatkan Konsumsi Ikan, Pemkab Bantul Luncurkan SOHIB Food

Ujang Hasanudin
Sabtu, 26 Oktober 2024 - 06:47 WIB
Ujang Hasanudin
Tingkatkan Konsumsi Ikan, Pemkab Bantul Luncurkan SOHIB Food Ikan goreng / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten Bantul meluncurkan Sentra Olahan Ikan Bantul (SOHIB) Food di halaman Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Jumat (25/10/2024).

SOHIB Food ini merupakan bagian dari upaya Pemkab setempat dalam memfasilitasi pelaku usaha ikan dalam memasarkan produk, mendekatkan produk olahan ikan ke masyarakat sehingga diharapkan dapat meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat.

Advertisement

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Istriyani menyatakan bahwa tujuan dari peluncuran SOHIB Food adalah untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat, memperkuat kapasitas produksi olahan ikan, dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para pelaku perikanan di Bantul.

“Kami ingin masyarakat lebih mengenal dan menikmati berbagai olahan ikan yang bergizi,” ujarnya, dikutip dari laman resmi Pemkab Bantul

Di gerai SOHIB Food, pengunjung dapat menemukan berbagai produk olahan ikan, antara lain lele, wader, belut, dan berbagai frozen food yang siap saji. Gerai ini diharapkan menjadi tempat bagi masyarakat untuk mendapatkan produk olahan ikan yang praktis dan sehat untuk disajikan di rumah.

BACA JUGA: Konsumsi Ikan di Bantul Diklaim Terus Meningkat

Istriyani menyatakan SOHIB Food ini sejalan dengan program Gemarikan yang mengajak masyarakat untuk gemar mengonsumsi ikan demi generasi yang sehat dan cerdas.

"Dengan adanya SOHIB Food, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya mengonsumsi ikan dan mendukung perekonomian lokal," tandasnya.

Sementara itu, Pembina Mutu Pengolahan Perikanan Ahli Muda, Dinas Kelautan dan Perikanan Bantul, Doni M. Irawan mengatakan tren konsumsi ikan di Bantul mengalami kenaikan dari tahun ke tahun seiring dengan gencarnya promisi dan gerakan gemar mengkonsumsi ikan. Ia mencatat tahun 2022 konsumsi ikan di Bantul mencapai 31,32 kg per kapita per tahun. Kemudian tahun 2023 meningkat menjadi 31,59 kg per kapita per tahun.

Tahun 2024, pihaknya menargetkan konsumsi ikan di Bantul mencapai 31,65 kg per kapita per tahun.“Setiap tahun kami ada target [meningkatkan konsumsi ikan], dalam dua tahun terakhir kami selalu melebihi target. Kami terus mengkampanyekan gemar makan ikan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringati Hari Santri, Pemprov Jawa Timur Menggelar Jalan Sehat Diikuti 10.000 Orang

News
| Sabtu, 26 Oktober 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement