Advertisement

30 Kelompok Bregada Tampilkan Atraksi Sepanjang Jalan Kenari Jogja

Yosef Leon
Minggu, 27 Oktober 2024 - 16:07 WIB
Sunartono
30 Kelompok Bregada Tampilkan Atraksi Sepanjang Jalan Kenari Jogja Sejumlah bregada rakyat tampil dalam FBR DIY 2024 yang digelar pada Minggu (27/10/2024) di sepanjang Jalan Kenari. - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ribuan pelaku seni keprajuritan dari 30 kelompok se-Daerah Istimewa Yogyakarta unjuk kebolehan dalam ajang Festival Bregada Rakyat DIY (FBR DIY) 2024 yang digelar pada Minggu (27/10/2024).

Mereka menampilkan atraksi dan formasi yang memukau dengan iringan musik tradisional yang khas di sepanjang Jalan Kenari. Arak-arakan dimulai dari Kantor Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY menuju ke Balai Kota Jogja. 

Advertisement

Ketua Sekber Keistimewaan DIY sekaligus ketua panitia FBR DIY 2024 Widihasto Wasana Putra menjelaskan, selama perjalanan penampilan para peserta akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari perwakilan Kasultanan Jogja, Kadipaten Pakualaman, budayawan, pengamat, dan media. 

BACA JUGA : Genjot Wisatawan, Pemkab Bantul Gelar Festival Bregodo Mataram

"FBR DIY bukan hanya sekadar perlombaan, tetapi juga menjadi wadah bagi para seniman keprajuritan untuk melestarikan tradisi dan budaya Yogyakarta," ujarnya. 

Sebanyak lima kelompok dengan penampilan terbaik akan mendapatkan hadiah uang pembinaan total sebesar Rp50 juta. Beberapa aspek yang akan dinilai antara lain keserasian tata baris, tata musik, dan tata busana.

Salah satu hal menarik dari FBRDIY 2024 adalah partisipasi aktif dari generasi muda. Dua kelompok bregada yang terdiri dari siswa SMK N 4 Kota Jogja dan SMK N 3 Kota Jogja turut meramaikan acara ini.

"Kehadiran generasi muda dalam FBR DIY menunjukkan bahwa kecintaan terhadap seni keprajuritan semakin meluas dan tidak hanya terbatas pada generasi tua," ungkap Widihasto.

Kepala Bidang Adat, Tradisi, Lembaga Budaya dan Seni Disbud DIY Y. Eni Lestari Rahayu mengungkapkan keberadaan seni keprajuritan atau bregada rakyat saat ini telah jadi salah satu ikon khas di DIY. Dalam setiap event masyarakat maupun pemerintah kabupaten kota di DIY yang mengusung konsep arak-arakan budaya dapat dipastikan turut disemarakkan kemunculan bregada rakyat. 

BACA JUGA : 15 Kelompok Bregodo Meriahkan Festival Bregodo Mbantul Kawula Mataram 2024

"Disbud DIY berkomitnen terus memberikan dukungan agar eksistensi seni keprajuritan terpelihara dan terjaga kesinambungannya menjadi salah satu penanda keistimewaan yang tumbuh dari kreatifitas masyarakat," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Strategi Wujudkan Swasembada Pangan, Kementan Lakukan Refocusing Anggaran Rp1,7 Triliun

News
| Minggu, 27 Oktober 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement