Advertisement

Praktisi IT Asia Pasifik Kumpul di UNU Jogja, Bahas Teknologi Terkini Perangkat Lunak

Newswire
Minggu, 27 Oktober 2024 - 01:17 WIB
Sunartono
Praktisi IT Asia Pasifik Kumpul di UNU Jogja, Bahas Teknologi Terkini Perangkat Lunak Praktisi IT dari negara Asia Pasifik menggelar pertemuan dalam Python Conference Asia Pacific (Pycon APAC) 2024 di Universitas Nahdlatul Ulam (UNU) Jogja pada 25-27 Oktober 2024. Konferensi ini menjadi tempat bertemunya para praktisi IT untuk saling sharing dan membahas berbagai perangkat lunak. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Praktisi IT dari negara Asia Pasifik menggelar pertemuan dalam Python Conference Asia Pacific (Pycon APAC) 2024 di Universitas Nahdlatul Ulam (UNU) Jogja pada 25-27 Oktober 2024. Konferensi ini menjadi tempat bertemunya para praktisi IT untuk saling sharing dan membahas berbagai perangkat lunak.

Rektor UNU Jogja Widya Priyahita Pudjibudojo mengaku merasa terhormat kampusnya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pycon APAC. Apalagi event ini pertama kalinya digelar di Indonesia. Ia berharap kegiatan itu dapat mendorong peningkatan pengembangan SDM IT di kampusnya karena bisa saling sharing pengetahuan.

Advertisement

"Selain itu kami UNU Jogja siap menjadi tempat sekretariat Pycon APAC. Kampus kami siap memfasilitasi ketika ada pertemuan dan butuh sekretariat, kebetulan kami di lantai 2 kampus memang disediakan tempat khusus berbagai kegiatan," katanya, Sabtu (26/10/2024).

BACA JUGA : Waspadai Bahaya Sharenting bagi Anak, Ini Tips Aman dari Bunda Cinta

Ketua Pelaksana PyCon APAC 2024 Raden Lutfi Zuchri Muhammadi tak menyangka konferensi itu ternyata mendapatkan respons yang sangat positif dari praktisi IT berbagai negara. Tercatat ada 600 peserta yang mendaftar dengan jumlah pembicara sebanyak 81 orang dari luar negeri. Adapun bahasan sang beragam kaitan dengan isu terkini perangkat lunak.

"Topik yang dibahas sangat luas, mulai dari orang awam di bidang programming hingga ke level enginernya, serta aspek komunitasnya. Serta berbagai kondisi terkini perkembangan teknologi perangkat lunak, ada coding, bahkan kami seperti organisasi atau gerakan sosial," katanya.

Board of Directors, Python Software Foundation sekaligus pendiri PyLadies Bangkok Georgi Ker mengaku sangat bersemangat dengan kegiatan yang digelar di Inonesia, khususnya UNU Jogja. Alasannya sederhana, menurutnya Jogja lebih menarik dari sisi isu pendidikan. Meski demikian secara umum, ia melihat potensi besar di Indonesia, sehingga mendukung kegiatan tersebut mempelajari hal-hal baru. "Kami sangat senang dan bersemangat untuk melihat kolaborasi kami di masa depan di Indonesia," ujarnya.

Phyton Core Developer Mariatta Wijaya mengatakan Pycon APAC menjadi event bertemunya para praktisi IT khususnya programmer. Karena biasanya mereka lebih senang bekerja dengan berdiam diri dalam ruangan. "Melalui konferensi ini mereka bisa saling bertemu dan sharing, jadi sangat menarik untuk pengembangan kemampuan dan jaringan ke depan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terpidana Ronald Tannur Ditangkap di Perumahan Elite Surabaya

News
| Minggu, 27 Oktober 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement