Advertisement

Hari Kedua Tes SKD CPNS 2024, Masih Ada Peserta Belum Paham Alur Ujian

David Kurniawan
Minggu, 27 Oktober 2024 - 18:07 WIB
Sunartono
Hari Kedua Tes SKD CPNS 2024, Masih Ada Peserta Belum Paham Alur Ujian Ilustrasi ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) didalam rekrutmen CPNS 2024 di Kabupaten Sleman sudah dimulai sejak Sabtu (26/10/2024). Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman hingga hari kedua penyelenggaraan berjalan dengan lancar.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman, Budi Pramono mengatakan, ada 5.424 peserta yang berhak mengikuti SKD CPNS 2024. Adapun tes sudah berlangsung sejak Sabtu dan dijadwalkan selesai pada 2 November 2024.

Advertisement

“Ini memasuki hari kedua tes. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan mudah-mudahan hingga seluruh peserta mengikuti tes juga dapat lancar semuanya,” kata Pramono saat dihubungi, Ahad (27/10/2024).

Meski dapat berjalan lancar, ia mengakui masih belum paham berkaitan dengan teknis persiapan penyelenggaraan tes. Pramono berharap, peserta yang belum mengikuti SKD bisa memahami dengan benar berkaitan tahapan tes yang sudah diumumkan di laman resmi atau media sosial milik BKPP Sleman.

“Ada yang tidak detail memahami pengumumannya. Jadi, saat sampai di lokasi tes masih banyak tanya sana sini. Harapannya bagi peserta yang belum tes, bisa mempelajari lagi pengumuman tentang tata cara pelaksanaan SKD,” ungkapnya.

Peserta SKD CPNS 2024 akan menjalani materi ujian yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan Tes Intelegensia Umum (TIU). Didalam SKD sudah ada skor passing grade yang diatur dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.321/2024 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan PNS Tahun Anggaran 2024.

Untuk formasi CPNS kebutuhan umum, skor passing grade TWK 65, TIU 80 dan TKP minimal 166. Adapun untuk lulusan terbaik, nilai kumulatif SKD minimal 311 dengan syarat nilai TIU minimal 85.

Sedangkan untuk pelamar disabilitas, nilai komulatif SKD paling rendah 286 dengan syarat nilai TIU paling sedikit 60. “Tentang passing grade sudah ada aturan dari kementerian dan itu bisa jadi acuan. Sebab, setelah keluar dari tes langsung bisa melihat nilainya,” katanya.

Sekretaris Daerah Sleman, Susmiarto mengatakan, tahun ini ada rekrutmen CPNS sebanyak 147 formasi. Jumlah itu terdiri dari kuota lulusan terbaik sebanyak lima formasi, kuota disabilitas tiga formasi dan sisanya formasi umum sebanyak 139 formasi.

Untuk rekrutmen CPNS tahun ini sudah ada tahapannya mulai dari pengumuman, pendaftaran, pelaksanaan tes hingga penerimaan hingga pengangkatan. Setelah lolos verifikasi administrasi, peserta berhak mengikuti SKD.

Selain itu, peserta rekrutmen juga wajib mengikuti seleksi kompetensi bidang yang akan diselenggarakan pada 9-20 Desember 2024. “Rencananya pengumuman hasil CPNS diumumkan antara rentang waktu 5-12 Januari 2025. Mudah-mudahan semuanya berjalan dengan lancar,” katanya. (David Kurniawan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Topan Trami Porak-porandakan Filipina, 85 Orang Dikabarkan Meninggal

News
| Minggu, 27 Oktober 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement