Advertisement

Penerima PBI JKN-KIS Diverifikasi Ulang

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 06 April 2018 - 18:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Penerima PBI JKN-KIS Diverifikasi Ulang Ilustrasi BPJS Kesehatan. - Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pemkot Jogja melakukan verifikasi ulang data Penerima Bantuan Iuran (PBI) untuk Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Kebijakan tersebut diambil agar data PBI tak salah sasaran.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jogja Bejo Suwarno menjelaskan, verifikasi ulang data PBI JKN tersebut dibutuhkan untuk memastikan kebedadaan penerima kartu tersebut. Apalagi data PBI tersebut berasal dari pemerintah pusat.

Advertisement

“Kami lakukan pengecekan apakah peserta PBI masih ada, meninggal dunia atau pindah tempat tinggal? Kalau sesuai fakta saat ini dan tidak ditemukan kami akan dicoret dari daftar PBI,” katanya kepada wartawan, Jumat (6/4/2018).

Tahun ini, jumlah PBI JKN-KIS 2018 yang dikirim dari Kementerian Sosial untuk Jogja sebanyak 111.750 jiwa. Jumlah itu, lanjutnya, lebih banyak dibandingkan data PBI sebelumnya. "Jumlah data PBI ini yang menentukan Kemensos. Kami hanya menerima, kemudian melakukan verifikasi," ujarnya.

Hasil verifikasi tersebut kemudian akan dikirim kembali ke Kemensos agar dilalukan pembetulan. Pihaknya juga akan mengusulkan penerima pengganti PBI yang dicoret. "Penerima pengganti PBI yang kami usulkan tetap dari keluarga miskin. Terutama untuk pemegang Kartu Menuju Sejahtera [KMS] yang belum menerima PBI JKN-KIS BPJS," katanya.

Pengusulan tersebut lanjut Bejo tidak perlu melibatkan musyawarah warga. Namun, diambil dari hasil verifikasi ulang yang dilakukan. "Kami hanya sebatas mengusulkan penerima pengganti. Yang menentukan keputusannya Pemerintah Pusat,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement