Dana untuk Menghadapi Kekeringan di Gunungkidul Tembus Rp600 Juta, Ini Kata Dewan

Ilustrasi kemarau di ladang pertanian - Bisnis Indonesia/Rachman
11 Mei 2018 17:20 WIB Jalu Rahman Dewantara Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Menghadapi musim kemarau tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul menyiapkan dana Rp638 juta untuk keperluan antisipasi kemungkinan bencana kekeringan.

Seperti diketahui, guna menghadapi dampak dari kekeringan itu, BPBD Gunungkidul sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp638 juta yang bersumber dari APBD Kabupaten Gunungkidul. Dana itu rencananya akan digunakan untuk penyediaan belanja barang dan jasa yang meliputi meliputi ketercukupan kebutuhan bahan bakar, membayar jasa sopir truk pengangkut air, dan kebutuhan administrasi lainnya.

Ketua DPRD Gunungkidul, Suharno mengungkapkan dari tahun lalu jumlah dana yang dikeluarkan berkisar di angka Rp600 juta. Adapun pertimbangan penentuan jumlah anggaran tersebut diambil dari analisi BPBD dalam pemetaan daerah-daerah rawan.

"Jadi ini tidak asal. Bahkan kami pikir jumlah ini [dana] masih kurang. Namun biasanya nanti ada tambahan dari pihak Provinsi dan swasta yang jumlahnya bisa lebih besar," ujarnya.