Libur Lebaran, Disdukcapil Sleman Tetap Beri Pelayanan

Ilustrasi e-KTP. - Solopos/M. Ferri Setiawan
13 Juni 2018 15:15 WIB Irwan A Syambudi Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sleman tetap memberikan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) saat libur Lebaran. Kepala Disdukcapil Sleman, Jazim Sumirat, mengatakan libur Lebaran tahun ini ada tujuh hari cuti bersama, sehingga membuat sebagian aktivitas perkantoran baik swasta maupun pemerintah terhenti. Namun tidak dengan pelayanan Adminduk di Disdukcapil. Pada cuti bersama Lebaran, pelayanan tetap dilakukan. "Libur pelayanan hanya tiga hari yakni 15, 16, dan 17 Juni," kata dia, Rabu (13/6/2018).

Selama libur cuti bersama, Disdukcapil menyiagakan sejumlah petugas untuk tetap memberikan pelayanan yakni mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Meskipun pelayanan hanya setengah hari, tetapi seluruh pelayanan kependudukan seperti pembuatan e-KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran, serta akta kematian tetap dilayani. "Tidak hanya di Kantor Disdukcapil, di desa dan kecamatan juga tetap membuka pelayanan," kata Jazim.

Jazim mengimbau agar masyarakat terutama bagi para pemudik memanfaatkan pelayanan ini. Pasalnya, banyak di antaranya karena harus merantau ke luar daerah, administrasi kependudukannya tidak diurus. Dengan pulang ke kampung halaman, maka diharapkan layanan saat libur Lebaran ini dapat membantu masyarakat.

Di sisi lain, layanan ini terus disosialisasikan kepada masyarakat. Selain memberikan pengumuman melalui website resmi Disdukcapil, sosialisasi juga dilakukan melalui media sosial.

Sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Sleman, Sumadi, mengatakan pelayanan masyarakat akan dioptimalkan pada saat libur Lebaran. "Tugas kami adalah untuk melayani masyarakat. Untuk itu pada saat libur Lebaran kami ingin memastikan pelayanan masyarakat tidak terganggu," kata Sekda saat jumpa pers persiapan pelayanan publik selama Lebaran, beberapa waktu lalu.

Selama libur Lebaran, sejumlah instansi pemerintah tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain Disdukcapil, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial juga membuka pelayanan.