Belum Lebaran, Objek Wisata Kulonprogo Sudah Diburu Wisatawan

Wisatawan menikmati pemandangan alam di objek wisata Kalibiru, Kulonprogo - JIBI
13 Juni 2018 06:50 WIB Beny Prasetya Kulonprogo Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kendati lebaran belum dimulai, ternyata wisatawan mulai meraimaikan sejumlah tempat wisata di Kulonprogo. Keramaian antara lain terlihat di Laguna Pantai Trisik dan Kalibiru.

“Paling terasa saat hari Minggu kemarin, wisatawan lumayan melonjak padahal masih puasa,” kata Sekretaris Paguyuban Laguna Pantai Trisik, Edy Yulianto, Selasa (11/6/2018).

Ia mengatakan, sebelumnya selama puasa ini dan setiap akhir pekan, Pantai Trisik khususnya di laguna mulai mengalami kenaikan jumlah pengunjung. Hal tersebut terjadi lantaran semakin banyak wisatawan yang datang sehabis sahur untuk menikmati pagi hari di tepi pantai. “Kalau yang hari Minggu [10/6/2018] terakhir jelas karena sudah masuk libur sebelum lebaran, jadi kenaikan sudah di prediksi,” katanya.

Setiap Minggu selama puasa tercatat sebanyak 1.200 orang berkunjung ke objek wisata tersebut. Jumlah itu dihitung berdasarkan karcis parkir yang disebar.

“Kalau di luar puasa hanya 400 hingga 1.000 pengunjung tergantung long weekend atau tidak, tetapi dengan anggapan 600 karcis, setidaknya ada 1.200 wisatawan,” katanya.

Keramaian juga tampak di objek wisata Kalibiru. Pengelola wisata Kalibiru Sumarjono mengaku adanya kenaikan pengunjung sejak Sabtu (9/6/2018) lalu. Hanya saja secara tepat dirinya tidak mengetahui secara pasti jumlah kenaikan pengunjung.“Mungkin karena kami juga ada wahana spot foto baru yaitu Gantole dan Kano mungkin, tetapi memang sudah mulai ada kenaikan,” katanya.

Lebih lanjut ia menyatakan naik turunnya jumlah pengunjung cukup berpengaruh. Pasalnya saat terjadi antrean untuk satu spot foto. Sering kali pihaknya dikritik karena wisatawan terlalu lama menunggu untuk berfoto.

Adplus Tokopedia