Advertisement

Kepadatan di Objek Wisata Pantai Gunungkidul Mulai Berkurang

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 18 Juni 2018 - 22:17 WIB
Nina Atmasari
Kepadatan di Objek Wisata Pantai Gunungkidul Mulai Berkurang Suasana Pantai Baron, Tanjungsari, Selasa (15/5/2018). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Memasuki akhir libur panjang lebaran dan libur sekolah, jumlah kunjungan wisatawan dinilai mulai menurun dibanding hari sebelumnya.

Kepala seksi objek dan daya tarik wisata Dinas Pariwisata (Dinpar), Gunungkidul, Aris Sugiyantoro mengatakan pada kunjungan hari sebelumnya pasca hari lebaran meningkat cukup signifikan dibanding dengan hari biasa.

Advertisement

“Pos Induk, pada H+1 lebaran [Sabtu (16/6/2018)] jumlah kunjungan wisatawan di Pantai Baron sebanyak 10.500 wisatawan, sementara pada H+2 lebaran [Minggu (17/6/2018)] 20.000 wisatawan lebih, untuk hari ini Senin [18/6/2018] turun sedikit sepertinya,” kata Aris.

Rata-rata wisatawan yang berkunjung ke Pantai Baron masih didominasi dari daerah Jawa Tengah, seperti Solo, Semarang, Magelang, Tegal dan beberapa berasal dari Jakarta atau warga yang merantau kesana.

Adapun untuk kunjungan wisatawan total seluruh tempat wisata yang ada di Gunungkidul pada hari pertama 39.000 wisatawan, dan pada hari kedua 70.500 wisatawan.

“Itu jumlah keseluruhan wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata yang ada Tempat Pemungutan Retribusi [TPR]. Untuk secara umum yang berkunjung pastinya lebih dari itu,” katanya.

Dia pun mengatakan pihak Dinpar Gunungkidul cukup optimis dengan segala promosi yang ada, untuk mengejar target kunjungan 300.000 wisatawan dalam masa libur lebaran ini, dengan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp2,6 Miliar.

Peningkatan jumlah wisatawan sendiri juga membuat kerja ekstra dari TIM SAR untuk selalu mengawasi wisatawan agar selamat saat menikmati wisata. Koordinator TIM SAR Satlinmas Korwil II Pantai Baron, Marjono mengatakan pihaknya terus memantau wisatawan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami terus standby menghadapi libur lebaran ini, sebagai tanggungjawab kami. Personil beberapa berjaga disekitaran pantai, ada yang berjaga di pos. Harapannya ya wisatawan selalu mendengarkan himbauan petugas, tidak terlalu ke tengah wisatwan karena ombak berbahaya. Untuk bahaya ubur-ubur sendiri cenderung menurun malahan,” kata Marjono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement