Advertisement

Antrean Pasien Semakin Banyak, PKU Muhammadiyah Bantul Bangun Gedung Baru

Ujang Hasanudin
Rabu, 18 Juli 2018 - 21:37 WIB
Nina Atmasari
Antrean Pasien Semakin Banyak, PKU Muhammadiyah Bantul Bangun Gedung Baru Bupati Bantul Suharsono (tengah) sedang meletakkan batu pertama dalam pembangunan gedung baru PKU Muhammadiyah Bantul, Rabu (18/7/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Sakit Umum PKU Muhammadiyah terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan secara optimal kepada masyarakat. Dalam usianya yang ke-54 tahun, rumah sakit yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Bantul ini menambah gedung baru karena gedung lama sudah tidak mampu lagi menampung pasien.

Gedung baru yang akan dibangun tepat di selatan gedung lama. Gedung baru rawat inap itu dibangun di atas lahan seluas 3.000 meter dan luas bangunan 5.258 meter. Bakal ada ratusan kamar di gedung empat lantai yang pembangunannya menelan dana puluhan miliar tersebut.

Advertisement

Pembangunan gedung rawat inap ini diawali dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Bantul Suharsono, Rabu (18/7/2018). Hadir dalam peletakan batu pertama tersebut sejumlah tokoh Muhammadiyah, di antaranya Ahmad Dahlan Rais, Marsudi Iman, Saibani, direksi PKU Muhammadiyah Bantul, dan relasi rumah sakit.

Pembangunan gedung baru ini sekaligus kado Hari Ulang Tahun atau milad PKU Muhammadiyah Bantul yang sudah berusia 54 tahun. Rangkaian acara milad sebelumnya sudah dilaksanakan dalam bentuk donor darah dan bakti sosial di masyarakat.

Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Bantul, Widiyanto Danang Prabowo mengatakan di usianya yang ke-54, PKU Muhammadiyah Bantul perlu berbenah untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekligus peningkatan sumber daya manusia, serta peningkatan sarana prasarananya.

Ia mengaku kepercayaan masyarakat terhadap PKU Muhammadiyah Bantul cukup tinggi. Hal itu terlihat dari banyaknya antrean pasien, bahkan pihaknya terpaksa harus menolak pasien terutama untuk rawat inap karena kamar selalu penuh. Bahkan harus inden atau memesan kamar seminggu sebelumnya.

Selain itu PKU Muhammadiyah Bantul juga dipercaya sebagai rumah sakit rujukan kegawatdaruratan ibu dan anak selama 24 jam melalui keputusan Bupati Bantul 2018.

"Karena itu PKU Muhammadiyah Bantul perlu melkukan pembangunan sarana dan prasarana memadai, termasuk salah satunya yang penting adalah gedung beserta kelengkapannya," kata Widiyanto.

Gedung baru yang dibangun empat itu nantinya akan terhubung dengan gedung lama dengan jembatan yang membentang di atas Jalan Hos Cokroaminoto. Pembangunannya direncanakan selesai dalam setahun.

Ia berharap pada milad 54 tahun ini PKU Muhammadiyah Bantul bisa lebih melayani, memulyakan pasien dan lebih bermanfaat bagi masyarakat Bantul, serta mendukung visi misi Kabupaten Bantul menjadikan Bantul sehat, cerdas, dan sejatera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement