Tingkatkan Kepedulian Warga terhadap Lingkungan, Ini Dia Program Pemkot Jogja

Ilustrasi menanam pohon - JIBI
25 September 2018 19:20 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemkot menggulirkan program Adipura Kecamatan. Program tersebut diyakini dapat mendongkrak kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya.

Camat Gondomanan Agus Arif Nugroho menilai Adipura Kecamatan tersebut bisa memunculkan semangat warga untuk menciptakan lingkungan yang hijau dan nyaman. "Warga mulai menggalakkan penghijauan. Mereka memanfaatkan lahan yang ada, termasuk di gang-gang perkampungan," katanya di sela-sela Workshop Adipura di Balai Kota Jogja, Selasa (25/9/2018).

Dalam lokakarya itu Pemkot juga menyerahkan hasil penilaian Adipura Kecamatan tahun ini. Hasilnya, Kecamatan Gondomanan meraih nilai tertinggi. Disusul Kecamatan Danurejan, Jetis, Tegalrejo, Mantrijeron, Kotagede, Gondokusuman, dan Ngampilan yang juga memiliki nilai tinggi sesuai grade-nya.

Menurut Agus, kecamatan tidak sekadar mengajak warga peduli terhadap lingkungan tetapi juga mendorong interaksi sosial yang saling memiliki. Setiap bulan, misalnya, kecamatan rutin menggelar kerja bakti di kampung-kampung. "Jadi guyub rukun. Meski wilayah perkampungan padat namun tetap nyaman dan asri," kata dia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jogja Suyana menjelaskan skema penilaian Adipura Kecamatan menggunakan indikator penilaian Adipura yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Grade Adipura Kecamatan ditentukan 72 atau lebih rendah dari grade Adipura dari pemerintah pusat yakni 73. "Tiga kecamatan peraih nilai tertinggi akan kami berikan award," katanya.

Dia optimistis kesemarakan Adipura Kecamatan akan berimbas positif dengan program Adipura dari pemerintah pusat. Sayangnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hingga saat ini juga belum menginformasikan hasil penilaian Adipura 2018.

Ketua Tim Adipura Kecamatan Aman Yuriadijaya, menjelaskan program tersebut di tahun depan akan tetap digulirkan. Hal itu menjadi komitmen Pemkot agar kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama. "Pemkot mendorong setiap kecamatan bisa bersinergi dengan semua pihak untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan asri," ujar dia.