Rayakan Hari Lahir Desa, Pemdes Sumbermulyo Gelar Kirab

Kirab Kereta Kuda mengawali kirab budaya memperingati Hari Jadi ke-72 Desa Sumbermulyo di lapangan desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, Senin (8/10/2018). - Harian Jogja/David Kurniawan
09 Oktober 2018 14:20 WIB David Kurniawan Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro menggelar kirab budaya untuk memperingati Hari Jadi ke-72, Senin (8/10/2018). Kirab ini digelar juga untuk memperat persaudaraan warga di 16 dusun.

Acara kirab budaya ini berjalan dengan meriah karena menyedot antusiasme warga sekitar. Selain Bupati Bantul Suharsono, acara itu juga dihadiri anggota DPR RI Gandung Pardiman, Anggota DPRD DIY dan Anggota DPRD Kabupaten Bantul.

Wakil Ketua Panitia Ulang Tahun Desa Sumbermulyo, Ronggowarsito mengatakan berdirinya Desa Sumbermulyo memiliki sejarah panjang, sejak zaman kemerdekaan. Menurut dia, desa ini berdiri merupakan penggabungan dari empat kelurahan, yakni Bondalem, Gersik, Lipuro dan Kaligondang. “Dulu ada penyatuan dan empat kelurahan ini sepakat dan mendirikan desa Sumbermulyo pada 8 Oktober 1946 lalu,” kata Warsito kepada wartawan, kemarin.

Menurut dia, pelaksanaan kirab budaya merupakan puncak dari peringatan hari jadi. Di dalam perayaan ini ada banyak kegiatan mulai dari lomba bola voli, malam tirakatan hingga kegiatan silahturahmi ke mantan kepala desa yang masih hidup.

Sementara itu, di dalam kirab tidak hanya mengarak 16 gunungan, namun juga menampilkan potensi dari masing-masing dusun. Sebagai contoh di Dusun Plumbungan menampilkan budidaya anggur yang sedang dikembangkan. “Masih banyak lagi karena ada budidaya susu etawa. Selain itu, dalam kirab juga ada bregada dan wayang orang yang tampil,” katanya.

Warsito menuturkan perayaan hari jadi dibagi menjadi dua. Untuk tahun ganjil, kegiatan perayaan dilakukan secara besar-besaran dan kalau di tahun genap perayaan tidak sebesar pada saat tahun ganjil. “Kalau dibanding tahun lalu, perayaan sekarang lebih kecil karena bertepatan dengan pelaksanaan di tahun genap. Hal ini dilakukan untuk menghemat anggaran yang dimiliki, namun apapun itu perayaan tetap meriah,” tutur dia.

Bupati Bantul Suharsono memberikan apresiasi terkait dengan dengan antusias warga dalam menggelar peringatan hari jadi ke-72. Menurut dia, momen ini harus dimanfaatkan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan di antara warga.

“Saya juga berharap kepada masyarakat di Sumbermulyo untuk ikut berpartisipasi dalam program Makaryo Mbangun Deso yang digalakkan Pemkab Bantul,” katanya.