Bandara Adisutjipto Dibersihkan, Ratusan Orang Dikerahkan

15 Februari 2014 15:54 WIB Redaksi Solopos Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Landasan pacu dan sejumlah ruang operasional Bandara Internasional Adisutjipto Jogja mulai dibersihkan dari debu vulkanik erupsi Gunung Kelud, Sabtu (15/2/2014).

"Hari ini mulai dilakukan pembersihan area landasan dan lainnya," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Jogja, Andi Wirson.

Menurut dia, setelah pembersihan landasan ini, aktivitas penerbangan diperkirakan baru akan dibuka kembali antara tiga hingga empat hari ke depan.

"Mudah-mudahan pembersihan debu vulkanik ini dapat segera selesai dan tiga atau empat hari ke depan sudah bisa beroperasi lagi," katanya.

Suasana di Bandara Adisutjipto sendiri masih lengang dan hanya sejumlah petugas yang membersihkan debu vulkanik yang menempel di lantai terminal bandara dan beberapa sudut lainnya.

Pembersihan debu vulkanik juga dilakukan di area landasan pacu dan area parkir pesawat serta yang menempel pada sejumlah pesawat.

Andi mengatakan, pembersihan debu vulkanik ini diperkirakan akan memakan waktu lama meski beberapa peralatan yang dimiliki bandara sudah semuanya dikerahkan.

"Debu yang menutup cukup tebal, sekitar empat hingga lima sentimeter sehingga untuk membersihkannya memakan waktu lama," katanya.

Ia mengatakan, aktivitas penerbangan sendiri diperkirakan akan kembali normal tiga atau empat hari lagi.

Meski sudah diumumkan bahwa semua penerbangan dibatalkan, namun sejumlah calon penumpang masih tampak menunggu di ruang tunggu.

Mereka datang untuk memastikan apakah hari ini mereka dapat diberangkatkan.