WISATA SLEMAN : Ada Ular "Raksasa" di Agrowisata Bhumi Merapi

Ular di Agrowisata Bhumi Merapi Sleman (Arif Wahyudi/JIBI - Harian Jogja)
15 Februari 2016 09:20 WIB Sleman Share :

Wisata Sleman di Agrowisata Bhumi Merapi memiliki koleksi ular raksasa

Harianjogja.com, SLEMAN - Keberadaan ular besar membuat Agrowisata Bhumi Merapi di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem semakin memikat pengunjung sejak sebulan terakhir.

Ular berjenis Phyton Retikulatus seberat 150 kg dan panjang mencapai 7,5 meter tersebut sengaja di tempatkan di agrowisata itu sebagai ikon untuk memberikan pelayanan dalam hal edukasi tentang reptil kepada pengunjung.

Pengelola Agrowisata Bhumi Merapi Wagimin Taruna mengungkapkan, binatang melata itu umurnya sekitar 10 tahun. Pihaknya memeliharanya sejak si ular masih berumur enam bulan dan berukuran baru sebesar ibu jari orang dewasa.

"Kami pelihara sejak kecil. Dulunya adalah pemberian seorang teman. Nah, ketika agrowisata ini sudah beroperasi kami akhirnya punya ide untuk menempatkannya  di sini supaya memikat pengunjung," ujar Wagimin, Sabtu (13/2/2016).

Sementara ini hewan berdarah dingin itu ditempatkan di kandang yang terbuat dari bambu. Tempat permanen masih dalam tahap pengerjaan. Pekan ini kandang khusus untuk ular tersebut diperkirakan tuntas dikerjakan.

Tidak hanya untuk ular saja, tempat khusus bagi  reptil lainnya juga sedang dibangun.
Pasalnya selain ular raksasa, ada beragam reptil lainnya seperti biawak, iguana, kura-kura dan sebagainya.

"Jadi konsepnya nanti memang kami sediakan taman khusus reptil sehingga pengunjung bisa berfoto atau sebatas melihat beragam jenis reptil di sini," tandasnya.

Tujuan adanya taman reptil itu adalah memberikan edukasi agar seseorang lebih dekat dengan reptil. Wagimin yang juga berprofesi sebagai dokter hewan itu menerangkan, reptil tidak akan menyerang manusia jika tidak diusik.

"Jadi ketika melihat reptil, utamanya ular jangan lantas dibunuh atau disakiti. Nah, di sini kami akan berikan edukasi dalam menjinakkan reptil," tambahnya.