PEMKAB BANTUL : Bayar Mahal Sampai Rp1,2 Miliar, Jaringan Internet Malah Lemot

Ilustrasi internet
30 Juni 2016 23:20 WIB Bhekti Suryani Bantul Share :

Pemkab Bantul, layanan internet dikeluhkan.

Harianjogja.com, BANTUL- Layanan koneksi internet yang disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul dikeluhkan masyarakat lantaran lambat alias lemot. Dalam setahun, pemerintah menghabiskan anggaran Rp1,2 miliar untuk membayar jasa internet.

Keluhan mengenai buruknya koneksi internet diungkapkan Wakil Ketua Komisi B DPRD Bantul yang membidangi masalah ekonomi dan pembangunan Setiya. Buruknya koneksi internet menurutnya terjadi di sejumlah lembaga publik seperti kantor DPRD dan Perpustakaan Daerah (Perpusda).

“Keluhan selain dari pegawai Pemda juga datang dari masyarakat,” terang Setiya, Kamis (30/6/2016).

Kondisi tersebut mengakibatkan menurunnya pelayanan pemerintah ke masyarakat yang memerlukan koneksi internet. Padahal kata dia, di era sekarang ini kebutuhan internet sangat vital bagi keperluan pembangunan.

“Di sektor pariwisata misalnya, selain untuk kebutuhan promosi melalui internet marketing, layanan internet juga dapat dipasang di objek wisata sebagai nilai tambah untuk menarik wisatawan,” imbuhnya lagi.

Sektor lain seperti pertanian, perdagangan, pendidikan, kesehatan juga membutuhkan koneksi internet yang cepat. Buruknya koneksi internet menurutnya tidak sebanding dengan biaya yang dikeluaran pemerintah setiap tahunnya.

“Setiap tahun pemerintah menghabiskan biaya miliaran rupiah untuk membayar jasa internet,” lanjutnya.